Waspada Gelombang Kedua, China Laporkan 693 Kasus Impor Virus Corona


Selasa, 31 Maret 2020 - 11:27:49 WIB
Waspada Gelombang Kedua, China Laporkan 693 Kasus Impor Virus Corona Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -  Meski penularan lokal mengalami penurunan, tingginya kasus impor membuat China waspada adanya gelombang kedua wabah virus Corona Covid-19.

Juru bicara Komisi Kesehatan Nasional, Mi Feng, menyebut dalam sepekan terakhir ada 313 kasus impor terjadi di China. Di sisi lain, hanya ada 6 kasus penularan lokal.

"Tercatat sebanyak 693 kasus akumulatif yang masuk ke China dari luar negeri, yang berarti kemungkinan babak baru infeksi masih relatif besar," tutur Feng, dilansir Antara.

Sebanyak 45 kasus baru muncul pada Sabtu (28/3), turun dari hari sebelumnya yang tercatat 54 kasus. Kasus baru itu melibatkan pasien dengan riwayat perjalanan dari luar China, yang kebanyakan merupakan orang China yang baru kembali dari luar negeri.

Maskapai penerbangan diperintahkan untuk memangkas penerbangan internasional mulai hari ini. Pembatasan masuk bagi orang asing telah diterapkan sejak satu hari sebelumnya.

Sementara lima kasus berujung kematian dilaporkan pada Sabtu, semuanya berlokasi di Wuhan, provinsi Hubei, pusat wabah di negara itu. Namun dalam kurun waktu 10 hari terakhir hanya ada satu kasus baru terjadi di sana.

Adapun kasus corona akibat penularan lokal terjadi di provinsi Henan, yang berbatasan dengan Hubei.

Seiring dengan pencabutan pembatasan transportasi di wilayah provinsi Hubei, kota Wuhan juga mulai membuka perbatasan dan mengoperasikan kembali layanan transportasi lokal secara bertahap.

"Sudah jauh lebih baik saat ini, padahal sebelumnya sempat sangat panik. Ketika itu tidak ada orang di jalan. Tidak ada apa pun. Situasi epidemik sangat menyeramkan. Sekarang, semua sudah tertangani. Sangat bagus, kan?" ujar Hu, seorang warga Wuhan.(*)

 Sumber : suara.com /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 18 Mei 2020 - 17:35:51 WIB

    WHO: Waspada Sindrom Baru Corona Intai Anak-anak

    WHO: Waspada Sindrom Baru Corona Intai Anak-anak HARIANHALUAN.COM -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan sedang menyelidiki sindrom peradangan baru dan langka yang mengjangkiti ratusan anak-anak belakangan ini, diduga disebabkan oleh virus covid-19. .
  • Kamis, 07 Mei 2020 - 07:35:27 WIB

    Indonesia Waspada! Laut China Selatan Memanas

    Indonesia Waspada! Laut China Selatan Memanas JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, Indonesia terus mengikuti perkembangan aktivitas di Laut China Selatan. Ia juga menyatakan Indonesia prihatin dengan apa yang sedang terjadi di wilaya.
  • Rabu, 29 April 2020 - 08:44:32 WIB

    Waspada Perang! Kapal AS Masuk Laut China Selatan, Tiongkok Mengamuk

    Waspada Perang! Kapal AS Masuk Laut China Selatan, Tiongkok Mengamuk INTERNASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- Di saat dunia tengah sibuk dengan pandemi corona (COVID-19), tensi dua negara yakni China dan Amerika Serikat makin tinggi. Kali ini, militer China dan AS panas di Laut China Selatan..
  • Sabtu, 25 April 2020 - 15:59:05 WIB

    12 Hari Tak Ada Kasus Corona, PM Kamboja Imbau Warga Tetap Waspada

    12 Hari Tak Ada Kasus Corona, PM Kamboja Imbau Warga Tetap Waspada PHNOM PENH, HARIANHALUAN.COM -  Perdana Menteri Kamboja, Samdech Techo Hun Sen, mengimbau warganya tetap waspada meskipun negara itu telah melaporkan tidak ada kasus baru virus Corona (COVID-19) selama 12 hari terakhir..
  • Rabu, 08 April 2020 - 01:33:24 WIB

    Waspada, Kasus Virus Corona Bisa Mencapai 200.000 di Arab Saudi

    Waspada, Kasus Virus Corona Bisa Mencapai 200.000 di Arab Saudi RIYADH, HARIANHALUAN.COM - Menteri Kesehatan Arab Saudi Tawfiq al-Rabiah memperingatkan virus corona dapat menginfeksi antara 10.000 dan 200.000 orang di Saudi..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]