Pembongkaran Berujung Bentrok di Pasar Raya Padang

Pedagang: Ditertibkan Taruih, Jo Apo Kami ka Makan Pak?


Selasa, 31 Maret 2020 - 13:36:25 WIB
Pedagang: Ditertibkan Taruih, Jo Apo Kami ka Makan Pak? Penertiban yang dilakukan Dinas Perdagangan Padang terhadap PKL di Jalan Sandang Pangan.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Perdagangan Kota Padang melakukan penertiban terhadap ratusan pedagang di Jalan Sandang Pangan, Pasar Raya Padang, Selasa (31/3/2020). Para pedagang yang tidak terima dengan pembongkaran, sempat melakukan perlawanan meskipun tak berdaya karena dilakukan oleh petugas gabungan. 

Fitri, salah seorang pedagang di Jalan Sandang Pangan mengatakan, perlawanan yang mereka lakukan lantaran pembongkaran ini terjadi langsung tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Biasanya, jika penertiban, para pedagang menerima surat dahulu dan dengan sukarela mereka akan membongkar sendiri lapaknya.

"Tapi, pagi tadi tidak. Kita hanya diberitahu bahwa akan dilakukan penyemprotan. Setelah itu petugas datang dan membongkar barang jualan kami, kemudian memasukkannya ke mobil truk. Ini yang memancing emosi kami para pedagang," sebutnya.

Selain itu, dia mengeluh, kondisi saat ini membuat para pedagang harus memutar otak untuk berjualan. Salah satunya karena pembatasan orang untuk keluar rumah. Intensitas orang yang berbelanja pun tidak sebanyak hari biasa. "Kok ditertibkan juo kami taruih, jo apo kami ka makan lai pak," kata Fitri diikuti sejumlah pedagang lainnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Endrizal mengatakan, kegiatan yang dilakukan oleh pihaknya hari ini merujuk kepada aturan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Kota Padang. Sebelum dilakukan penyemprotan, dia mengklaim pihaknya terlebih dahulu membersihkan area sasaran.

"Yang kita lakukan hari ini bertahap, besok baru disemprot desinfektan. Kita khawatir, seandainya ada yang terjangkit, makanya akan terefek semua. Makanya itu, kita lakukan tindakan preventif agar penyebaran virus ini bisa diantisipasi," jelasnya. (*)

 Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 08 April 2016 - 04:10:13 WIB
    Pengunjung Pasar Alai Sepi

    Pedagang: Retribusi Pasar Jangan Naik

    Pedagang: Retribusi Pasar Jangan Naik PADANG, HALUAN — Pasar Alai Kecamatan Padang Utara terletak di Kelurahan Alai Parak Kopi yang luasnya 9294 m2. Pengelola Pasar Alai pada Haluan, Kamis (7/4) me­nutur­kan saat ini pedagang yang ada di pasar ini sekitar 276.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]