Aktivitas yang Bisa Dilakukan Selama di Rumah Saja


Selasa, 31 Maret 2020 - 16:42:09 WIB
Aktivitas yang Bisa Dilakukan Selama di Rumah Saja Ist

Salah satu kegiatan yang dapat menekan resiko penyebaran virus corona adalah dengan mengurangi kegiatan di luar rumah dan memperbanyak kegiatan di dalam rumah. Tak bisa dipungkiri manusia akan merasakan titik jenuh jika hanya berdiam diri di rumah tanpa melakukan apa-apa. Berikut beberapa aktivitas pengisi waktu kamu #DiRumahAja.

Oleh: Dani Prayoga

Buat kamu yang sebelumnya isbuk dengan urusan dunia, mungkin sekarang bisa kembali lagi ke rutinitas yang lebih banyak kepada persiapan menuju akhirat. Salah satu hikmah yang bisa kamu ambil dari datangnya virus corona ialah kamu bisa semakin mendekatkan diri ke yang maha kuasa.
Meningkatkan ibadah bisa menjadi salah satu kegitan selama kamu #DiRumahAja. Kamu bisa melakukan ibadah sunnah seperti sholat dhuha, puasa senin kamis, sholat istiqharah, shalat tahajud dan lain sebagainya yang sebelumnya sudah mulai kamu lupakan karena kesibukan kegiatan kamu selama ini.
Menonton adalah salah stu kegiatan yang bisa kamu lakukan selama di rumah. Konten yang bisa kamu tonton sangat beragam, sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan kamu. Menonton dapat menambah imajinasi, informasi, pola pikir dari sudut pandang lain dan tentunya mengurangi rasa bosan ketika #DiRumahAja.
Membaca adalah kunci untuk membuka jendela dunia. Saat ini keberagaman konten yang bisa di baca baik secara media cetak ataupun media elektronik dengan mudah bisa didapat. Dengan membaca kita dapat menambah informasi, membuat otak bekerja, menambah imajinasi dan menambah kosa kata baru.
Membaca mampu membentuk pola pikir manusia. Semakin banyak buku bacaan maka semakin banyak cara pandang orang tersebut. Keberagaman cara pandang didapat dari buku yang memiliki cerita, pemikiran, ide dan berbagai hal yang sebelumnya belum pernah terfikirkan oleh orang tersebut.
Selain menjadi penikmat karya, kita juga bisa menjadi produser karya. Untuk mengisi waktu luang kamu selama #DiRumahAja, kamu bisa membuat konten di berbagai media sesuai dengan minat dan bakat kamu. Contohnya, kamu bisa membuat puisi, cerita pendek, sajak, vlog, cover lagu, editing video, podcast dan lain sebagainya.
Selain mengisi waktu luang, siapa tau dengan karya yang kamu hasilkan mampu membuat kamu tumbuh dan berkembah di dunia yang kamu tekuni tersebut. Yang kemudian bisa membuat kamu menjadi lebih baik lagi.
Belajar hal baru, Internet ibarat pisau bermata dua. Jika digunakan untuk hal yang buruk maka buruklah penggunanya dan sebaliknya, jika digunakan untuk hal yang baik maka baiklah manfaat yang akan dirasakan. Saat ini, kita bisa belajar hal baru dari internet. Sambal mengisi waktu #DiRumahAJa kita bisa belajar hal baru sebagai soft skill kita. Hal baru yang akan kita pelajari tentunya sesuai dengan keinginan kita. Kita bisa belajar memasak, bermain gitar, menginstal komputer, bercocok tanam, memelihara hewan dan lain sebagainya. (**)

 Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]