PN Batusangkar Mulai Lakukan Sidang Online


Selasa, 31 Maret 2020 - 18:33:43 WIB
PN Batusangkar Mulai Lakukan Sidang Online Tiga orang penasehat hukum LBH Fiat Justisia Batusangkar Yonefit Albasri, Mustafa Akmal dan Lora Juita sedang menjalani sidang sistem online. FERI MAULANA

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Pengadilan Negeri (PN) Batusangkar mulai melaksanakan sidang dengan sistem online, dalam agenda sidang di PN kini tidak lagi menghadirkan terdakwa, Jaksa Penuntut Umum (JPU), pesehat hukum maupun saksi.

Ketua PN Batusangkar Purnomo Hadiyanto, didampingi Humas PN Batusangkar, Radius Chandra kepada HarianHaluan.Com, Selasa (31/3) di Batusangkar menyebutkan bahwa PN Batusangkar telah menggelar sidang dengan sistem online. "Di sini sekarang tidak menghadirkan terdakwa, hanya ada hakim dan panitera. Saat ini online di tiga titik, PN, Kejaksaan dan di Rutan Parak Juar, nanti akan kita linkkan juga ke pengacara," kata Purnomo.

Dijelaskannya, terdakwa tetap berada di Rutan, sedangkan saksi dan JPU  online dari Kejaksaan.
Dalam sidang tersebut, di depan majelis hakim ditempatkan layar berukuran sekitar tiga meter posisi layar berada di sekitar kursi tempat biasa terdakwa dihadirkan.

Pada sidang kedua Selasa itu, saat pembacaan dakwaan kasus Narkotika perkara nomor 33/Pid. Sus/2020/Pn Bsk, saat sidang dipimpin hakim ketua Indra Muharam, hakim anggota Amir El Hafidh dan Rani Suryani Pustikasari, sidang online telah link pada empat titik dengan penambahan link ke ruang pengacara yang juga berlokasi di kawasan gedung PN Batusangkar itu.

"Sidang online ini kita jalani sejak Senin kemarin, kini sejak wabah virus Corona melanda Indonesia sistem ini diberlakukan agar antara kita tidak tertular. Kemarin kami masih link dari Rutan Parak Juar, namun datang surat edaran ke Kepala Rutan untuk tidak menghadirkan orang dari luar ke Rutan itu, di sana bersama terdakwa, ruangan pun tidak memadai, sangat sempit, pada sidang pertama tadi kami masih beracara bersama hakim, dan pada sidang kedua mulai dari sini," kata Ketua LBH Fiat Justisia Batusangkar Yonefit Albasri didampingi Mustafa Akmal dan Lora Juita, usai sidang. (*)

 

Reporter : Feri Maulana /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]