Pemerintah Klaim Telah Distribusikan 191 Ribu APD Corona


Selasa, 31 Maret 2020 - 19:05:50 WIB
Pemerintah Klaim Telah Distribusikan 191 Ribu APD Corona Juru Bicara pemerintah untuk penanganan virus corona (Covid-19), Achmad Yurianto.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Juru Bicara pemerintah untuk penanganan virus corona (Covid-19), Achmad Yurianto mengatakan hingga Selasa (31/3) pemerintah sudah mendistribusikan 191 Ribu Alat Pelindung Diri (APD) ke seluruh rumah sakit di Indonesia dalam upaya penanganan covid-19.

"Kemudian masker bedah sudah lebih dari 12 juta kita distribusikan, kemudian masker N95 pun juga sudah lebih dari 133 ribu kita distribusikan," kata dia dalam konferensi pers di Kantor BNPB, Selasa (31/3).

Lihat juga: Tito Izinkan Pemda Kreatif Lawan Corona Asal Tak Lawan Hukum

Selain itu, Yurianto mengatakan pemerintah juga telah mendistribusikan ratusan ribu rapid diagnostic test dalam upaya melakukan screening untuk menemukan kasus positif covid-19 di masyarakat.

"Seluruh rumah sakit rujukan telah disiapkan, bahkan rumah sakit darurat yang melaksanakan kegiatan perawatan pun telah kita aktifkan," ucap dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan dalam upaya penanganan Covid-19, sudah ada 7 provinsi dan 41 Kabupaten/Kota yang menetapkan status siaga darurat bencana wabah Vovid-19, selain itu, juga ada 16 provinsi dan 86 kabupaten kota yang telah membentuk gugus tugas penanganan wabah Covid-19.

"Bahkan beberapa daerah melawan Covid-19 dengan berbagai inovasi, termasuk mengawasi mobilitas penduduk yang ada di wilayahnya. Oleh karena itu, tetap kita akan konsekuen dan bersungguh-sungguh untuk memutus penularan ini," ujar dia.

Pemerintah Distribusi 191 Ribu APD Tangani CoronaInsert Artikel - Waspada Virus Corona. (CNN Indonesia/Fajrian)

Jumlah pasien positif terinfeksi Covid-19 di Indonesia per 31 Maret 2020 ada 1.528 kasus. Dari jumlah itu, korban meninggal mencapai 136 orang, dengan jumlah yang sembuh 81 orang.

Selain alat kesehatan, rumah sakit rujukan nasional yang sedari awal disiapkan untuk merawat pasien covid-19 juga sudah menambah ruang isolasi.

"Rumah sakit rujukan nasional yang kemudian sudah kita siapkan telah bisa menambah sampai dengan saat ini ruang isolasi dengan tekanan negatif sebanyak 1.967 ruang," kata Yuri, Senin (30/3). (*)

 

 Sumber : CNN Indonesia /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]