Sisi Lain Kedatangan Virus Corona


Selasa, 31 Maret 2020 - 19:22:53 WIB
Sisi Lain Kedatangan Virus Corona Ist

Sampai hari ini Virus corona sangat meresahkan seluruh lapisan masyarakaat. Namun, jika kita mampu melihat dari sisi lain, terdapat beberapa nilai positif seiring datangya virus corona tersebut. Diantaranya budaya cuci tangan, keberagaman cara bersalaman, pergeseran nilai berkumpul dan kongko-kongko, belajar virtual serta semakin ramainya pengguna sosial.

Oleh: Dani Prayoga

Budaya cuci tangan sebenarnya sudah lama di sosialisasikan oleh dinas kesehatan kepada seluruh lapisan masyarkat. Berbagai kegiatan sebagai bentuk kesungguhan dinas kesehatan mengadakan sosialisasi ini juga telah dilaksanakan mulai dari sosialisasi di Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Universitas dan penyuluhan kepada masyarakat. Namun nyatanya, sulit sekali menanamkan nilai pentingnya cuci tangan kepada masyarakat.

Kekhawatiran akan Virus corona mampu mengubah kebiasaan buruk masyarakat yang mulanya sulit untuk mencuci tangan menjadi cuci tangan setiap saat. Bahkan, membawa anti septik kemanapun dan kapanpun. Seketika dengan rasa cemas akan terkena virus corona masyarakat menjadi rajin cuci tangan. Sepertinya, masyarakat Indonesia mau melakukan sesuatu jika memang nyata bahaya akan menimpa. Khawatir akan terkena virus corona menyebabkan masyarakat rajin cuci tangan. Secara tidak langsung mempermudah tugas dinas kesehatan dalam sosialisasi cuci tangan juga sebagai keberhasilan dinas kesehatan dalam sosialisasi cuci tangan.

Bersalaman merupakan kebiasaan masyarakat Indonesia dari dahulu kala. Biasanya masyarakat bersalaman dengan berjabat tangan. Kadang, ada yang mencium punggung tangan sebagai bentuk rasa hormat, biasanya dilakukan oleh yang lebih muda.

Keberagaman cara bersalaman muncul seiring datangnya wabah corona. kekhawatiran masyarakat akan terjangkit virus corona namun tidak mengurangi rasa akrab kepada orang lain melahirkan ide baru untuk menciptakan keberagaman cara bersalaman. Keberagaman cara bersalaman dilakukan dengan mempertemukan siku kanan, menyilangkan tangan ke bagian dada, melambaikan tangan, menyatukan kedua telapak tangan di bagian dada tanpa harus bersentuhan, menundukkan kepala, dan lain sebagainya. Semoga berbagai ide cara bersalaman tidak mengurangi esensi bersalaman sebagai bentuk rasa menghormati dan menghargai.
Awalnya, masyarakat berpikir bahwa berkumpul dan bercerita dapat menjadi kegiatan mengisi waktu luang di berbagai tempat. Saling bercerita tentang kesibukan masing-masing, bercerita tentang permasalahan hidup, toko online dan lain sebagainya. Namun saat ini, masyarakat mengurangi bahkan tidak melakukan kongko-kongko untuk mengurangi resiko terjangkit virus korona.

Zoom merupakan salah satu aplikasi yang saat ini tinggi angka pengunduhnya. Aplikasi zoom merupakan aplikasi yang digunakan untuk pertemuan secara virtual dengan menggunakan jaringan internet kapanpun dan dimanapun. Penggunaan aplikasi zoom saat ini sebagai pergantian pertemuan tatap muka secara langsung untuk menekan pertumbuhan virus corona dan meminimalisir resiko. Dengan aplikasi zoom proses belajar masih tetap bisa dilakukan.
Tak bisa dipungkiri, semenjak adanya virus corona sosial media mejadi lebih berwarna. Warna yang timbul akibat adanya virus corona sangat beragam mulai dari rasa sedih melihat banyaknya angka korban, Apresiasi dengan tenaga medis dan berbagai organisasi bergerak melawan corona, berbagai informasi pencegahan dan penanganan corona dan berbagai sudut pandang lain masyarakat dalam mengisi kegiatan di rumah. (**)

 Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]