AS Beri Bantuan Rp37,6 M ke Indonesia untuk Tangani Corona


Selasa, 31 Maret 2020 - 20:27:36 WIB
AS Beri Bantuan Rp37,6 M ke Indonesia untuk Tangani Corona Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Amerika Serikat telah mengucurkan bantuan kesehatan dan kemanusiaan darurat dalam bentuk investasi awal senilai US$2,3 juta atau sekitar Rp37,6 miliar bagi Indonesia untuk menanggulangi penyebaran virus corona (Covid-19).

Melalui situs kedutaan besar AS di Jakarta, Kementerian Luar Negeri AS menyatakan bantuan senilai puluhan miliar rupiah itu ditujukan untuk "mempersiapkan sistem laboratorium, mengaktifkan penemuan kasus dan pengawasan berbasis kejadian, serta mendukung ahli teknis dalam respons dan kesiapsiagaan" Indonesia dalam menanggulangi pandemi ini.

Baca Juga : DPD RI Serahkan Bantuan Buat Korban Bencana Banjir Bandang NTT

"Bantuan baru ini merupakan bentuk lain dari bukti kepemimpinan Amerika Serikat dalam bantuan kesehatan dan kemanusiaan global," bunyi pernyataan Kemlu AS yang dirilis Jumat (27/3).

Bantuan tersebut merupakan bagian dari dana bantuan kesehatan senilai US$274 dolar yang diberikan AS ke setidaknya 64 negara. Puluhan negara itu dianggap negara berisiko dalam menghadapi ancaman virus corona.

Baca Juga : Ini Cara Cek Pajak Kendaraan Tanpa Perlu Datang ke Samsat

Kemlu AS menyatakan Negeri Paman Sam telah menginvestasikan lebih dari US$1 miliar bantuan kesehatan bagi Indonesia selama 20 tahun terakhir. 

Gedung Putih menuturkan, AS telah menyalurkan bantuan senilai lebih dari US$5 miliar bagi Indonesia selama dua dekade terakhir.

Baca Juga : Larangan Mudik 6-17 Mei 2021, Semua Moda Transportasi Stop Beroperasi

Hingga Selasa siang, terdapat 1.414 kasus corona di Indonesia dengan 122 kematian. Ribuan kasus itu tersebar di 30 provinsi di Indonesia. Kasus virus corona tertinggi terdapat di Provinsi DKI Jakarta dengan total 741 pasien dengan 84 kematian.

Sementara itu, kasus corona di AS juga kian mengkhawatirkan lantaran menjadi yang tertinggi di dunia mengalahkan China, sumber penyebaran Covid-19 pertama kali.

Baca Juga : Jangan Makan Petai, Jengkol dan Bawang Putih saat GeNose, Bisa Mempengaruhi Hasilnya

Per hari ini, kasus virus corona di AS mencapai 164.266 dengan 3.170 kematian dan 4.784 orang dinyatakan sembuh. (*)
 

Editor : Heldi | Sumber : CNN Indonesia
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]