Waduh! Semua Provinsi di Sumatera Sudah Terjangkit Virus Corona


Rabu, 01 April 2020 - 07:20:26 WIB
Waduh! Semua Provinsi di Sumatera Sudah Terjangkit Virus Corona ilustrasi covid-19

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Semua propinsi di Pulau Sumatera sudah ditulari virus corona atau Covid-19. Secara Nasional, nyaris semua provinsi di Indonesia sudah ditulari virus yang pertama kali mewabah di Kota Wuhan, China itu. Pemerintah melalui Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, Selasa (31/3/2020) menyebutkan ada satu provinsi yang baru ditulari corona, yaitu Provinsi Bengkulu.

Di Bengkulu ditemukan satu pasien terkonfirmasi positif corona. Namun pasien tersebut juga dilaporkan telah meninggal dunia. Dengan penambahan wilayah penyebaran tersebut, maka sudah 32 provinsi yang sudah terpapar virus corona. Hanya tersisa dua provinsi dari 34 provinsi di Indonesia yang belum dijamah corona, yaitu Gorontalo dan Nusa Tenggara Timur.

Sementara itu, jumlah kasus baru yang terkonfirmasi 114 kasus dan total kasus positif corona sejak tanggal 2 Maret lalu menjadi 1.528 kasus.
Sedangkan kematian baru dilaporkan sebanyak 14 orang. Total korban meninggal di Indonesia diserang virus corona itu sebanyak 136 orang atau sekitar 8,9 persen.

Pasien yang dinyatakan sembuh juga bertambah enam orang. Sehingga total pasien yang sembuh sebanyak 81 orang atau sekitar 5,3 persen.
Provinsi yang terbanyak terpapar virus corona tersebut masih tetap di DKI Jakarta sebanyak 747 kasus. Kemudian disusul Jawa Barat 198 kasus, Banten 142 kasus, Jawa Tengah dan Jawa Timur masing-masing 93 kasus.

Di luar Jawa, kasus tertinggi di Sulawesi Selatan 50 kasus, Kalimantan Timur 20 kasus dan Sumatera Utara dan Bali masing-masing 19 kasus.
Khusus di Sumatera, terbanyak di Sumatera Utara 19 kasus, Sumatera Barat dan Lampung masing-masing delapan kasus, Kepulauan Riau tujuh kasus, Aceh dan Sumatera Selatan masing-masing lima kasus, Riau tiga kasus, Bangka Belitung dan Jambi dua kasus, dan Bengkulu satu kasus.

Sedangkan pasien yang dilaporkan sembuh yaitu ada di 7 provinsi, DKI Jakarta: 48 orang, Jawa Timur: 16 orang, Jawa Barat: 11 orang, Banten, DI Yogyakarta dan Kalimantan Barat masing 2 orang, dan Sulawesi Utara 1 orang. Achmad Yurianto juga melaporkan bahwa tujuh provinsi dan 41 kabupaten/kota di Indonesia telah menetapkan status siaga darurat bencana wabah virus corona.

Selain itu sebanyak 16 provinsi dan 86 kabupaten dan kota telah membentuk Gugus Tugas Penanganan Wabah Covid-19. Dia menyebutkan, beberapa daerah dalam melawan virus corona dengan berbagai inovasi, termasuk mengawasi mobilitas penduduk di wilayahnya. Hal itu menurut dia, sekaligus menjadi bentuk konsekuensi dan kesungguhan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam rangka memutus penyebaran dan penularan covid-19.

"Tetap kita akan konsekuen dan bersungguh-sungguh memutus penularan ini, mari bersama-sama dan mampu melakukan ini karena ini kunci yang menjadi dasar pengendalian dan penghentian Covid-19 ini," ajaknya. (*)

 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]