Ini Lima Tips Terhindar dari Hoaks Corona Ala Facebook


Rabu, 01 April 2020 - 07:34:40 WIB
Ini Lima Tips Terhindar dari Hoaks Corona Ala Facebook ilustrasi hoaks

TEKNO, HARIANHALUAN.COM -- Dalam kondisi pandemi Covid-19 yang sedang meningkat, sangat penting bagi semua untuk lebih berhati-hati membagikan informasi di internet. Hoaks dan informasi yang salah dapat menyebabkan kebingungan, bahkan bisa membuat masyarakat takut dan panik.

Semua punya tanggung jawab untuk membantu mengurangi penyebaran informasi yang salah dengan memastikan bahwa hanya memberikan informasi yang benar atau telah terverifikasi. Berikut ini adalah lima tips dari Facebook agar terhindar dari informasi yang salah tentang virus corona di internet:

1. Bersikaplah skeptis terhadap judul
Misinformasi atau berita palsu seringkali memiliki judul bombastis dengan huruf kapital dengan tanda seru. Jika judulnya kelihatannya mengejutkan dan tidak dapat dipercaya, maka kemungkinan besar itu berita palsu alias hoax. Selain itu, cek alamat situs atau URL berita. 

Alamat situs atau URL palsu seringkali dibuat mirip aslinya dengan memberikan sedikit perubahan, misalnya mengganti huruf kapital 'I' dengan huruf kecil 'i', atau mengganti nol '0' dengan 'o'. Kalau kamu kurang yakin, coba buka jendela browser yang baru dan masuk ke dalam situs yang sebenarnya untuk membandingkan URL dengan sumber terpercaya.

2. Perhatikan baik-baik URL dan isi halaman beritanya
Pastikan berita tersebut ditulis oleh sumber yang kamu percaya memiliki reputasi keakuratan yang baik. Jika berita tersebut berasal dari organisasi yang tidak dikenal, baca bagian 'Tentang' di situs mereka untuk mempelajari selengkapnya. Misinformasi atau berita palsu mungkin juga berisi timeline yang tidak masuk akal, atau tanggal peristiwa yang sudah diubah. 

Banyak juga situs berita palsu yang salah eja atau punya tata letak yang aneh. Bacalah dengan seksama untuk melihat tanda-tanda ini. Misinformasi atau berita palsu bisa juga berisi gambar atau video yang dimanipulasi. Atau terkadang foto tersebut memang asli, tetapi konteksnya berbeda. Jangan mudah percaya terhadap konten dengan penggunaan foto atau video yang seperti ini.

3. Cek sumber informasinya
Periksalah sumber informasi penulis untuk menginformasi keakuratannya. Kurangnya bukti atau ketergantungan terhadap ahli-ahli yang tidak disebutkan namanya, dapat mengindikasikan informasi tersebut hoax.

4. Lihat berita atau informasi lainnya
Jika tidak ada sumber berita lainnya yang melaporkan informasi yang sama, ini juga bisa menjadi indikasi informasi tersebut palsu. Jika konten tersebut dilaporkan oleh beberapa sumber yang kamu percayai, maka kemungkinan informasi itu benar.

5. Dapatkan informasi resmi dari otoritas kesehatan global dan lokal
Dengan cara ini, kamu bisa yakin sepenuhnya bahwa informasi yang dibaca dan akan dibagikan merupakan kabar yang benar dan akurat. Kamu bisa merujuk ke sumber-sumber berikut ini:

  • Situs resmi Pemerintah Indonesia untuk COVID-19
  • Chatbot WhatsApp COVID-19 dari Kominfo di +62-811-3339-9000.
  • Situs World Health Organization (WHO) untuk COVID-19

Jika menemukan postingan berisi berita palsu di Facebook, segera laporkan dengan menekan tombol di bagian kanan atas dari post tersebut, pilih 'Cari Dukungan' atau 'Laporkan Postingan' kemudian laporkan sebagai berita palsu. Kamu juga bisa mengunjungi Pusat Bantuan Facebook untuk info lebih lanjut tentang cara melaporkan sebuah postingan. (*)

 Sumber : detik.com /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 25 Mei 2020 - 09:11:08 WIB

    Kini Video Call di Instagram Bisa 50 Orang Sekaligus, Begini Caranya

    Kini Video Call di Instagram Bisa 50 Orang Sekaligus, Begini Caranya HARIANHALUAN.COM -- Instagram kini sudah bisa video call 50 orang. Ini karena aplikasi berbagi foto milik Facebook ini sudah terintegrasi dengan Messenger Rooms. Bagi yang ingin tahu ini caranya video call via Instagram denga.
  • Ahad, 24 Mei 2020 - 18:05:30 WIB

    Wah! WhatsApp Punya Fitur Baru Lagi, Ini Cara Menggunakannya

    Wah! WhatsApp Punya Fitur Baru Lagi, Ini Cara Menggunakannya TEKNO, HARIANHALUAN.COM -- Layanan pesan instan WhatsApp menambahkan fitur pembagian kontak lewat kode QR. Pengguna bisa bertukar kontak WhatsApp dengan seseorang secara langsung dengan membagikan kode QR. WhatsApp sudah meng.
  • Sabtu, 23 Mei 2020 - 20:43:25 WIB

    Merajalela! Ini 50 Aplikasi Pinjaman Online Ilegal Berkedok Koperasi    

    Merajalela! Ini 50 Aplikasi Pinjaman Online Ilegal Berkedok Koperasi     HARIANHALUAN.COM -- Satgas Waspada Investasi menemukan 50 aplikasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) yang melakukan penawaran pinjaman online ilegal atau fintech ilegal. Bersama dengan Kementerian Koperasi, Satgas Waspada Investa.
  • Sabtu, 23 Mei 2020 - 14:36:09 WIB

    Begini Cara Video Call Instagram Sampai 50 Orang

    Begini Cara Video Call Instagram Sampai 50 Orang HARIANHALUAN.COM - Instagram saat ini bisa melakukan panggilan video bersama 50 orang sekaligus. Panggilan video ini terintegrasi dengan platform panggilan video milik Facebook, yaitu Messenger Rooms..
  • Kamis, 21 Mei 2020 - 07:27:30 WIB

    Tinggal Pilih! Ini Deretan Cashback dan Bonus Isi Ulang Tri

    Tinggal Pilih! Ini Deretan Cashback dan Bonus Isi Ulang Tri HARIANHALUAN.COM -- Lalu lintas data milik operator seluler Hutchison Tri (3) Indonesia melonjak hingga 22 persen sejak imbauan pembatasan fisik diterapkan pada pertengahan Maret lalu..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]