Dua Pasien Positif Corona di Yogyakarta Dinyatakan Sembuh


Rabu, 01 April 2020 - 07:53:06 WIB
Dua Pasien Positif Corona di Yogyakarta Dinyatakan Sembuh ilustrasi corona

YOGYAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) positif Coronavirus Desease 2019 (Covid-19) yang dinyatakan sembuh di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bertambah menjadi dua orang. Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih mengatakan, pasien sembuh kedua adalah Pasien Kasus 5 di DIY.

"Perempuan 30 tahun asal Sleman," jelas Berty kepada wartawan, Selasa (31/3/2020).

Terpisah, Kepala Bagian Hukum dan Hubungan Masyarakat (Hukmas) RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, Banu Hermawan pun mengonfirmasi kabar kesembuhan tersebut. "Satu pasien saat ini telah kami pulangkan dan dinyatakan sembuh. Ini menjadi bukti bahwa Covid-19 bisa disembuhkan," ujar Banu. 

Menurutnya, PDP tersebut sebelumnya mulai dirawat di RSUP Dr. Sardjito pada 17 Maret, dan dinyatakan sembuh pada 30 Maret 2020. Pasien tersebut, kata dia, ada riwayat perjalanan dari Jakarta. "Selama dalam perawatan, kami pantau kesehatannya, terutama sesak nafas," imbuhnya.

Sebelumnya, seorang balita usia 3 tahun yang dirawat di RSUP Dr. Sardjito juga dinyatakan sembuh dari infeksi virus Corona pada 20 Maret 2020 lalu. Sementara itu, Pemda DIY mencatat jumlah kasus pasien dalam pengawasan (PDP) yang dinyatakan positif Covid-19 per Selasa pukul 20.00 WIB bertambah enam orang. Alhasil, total pasien positif Covid-19 di Yogyakarta adalah 24 kasus.

"Semua kasus mempunyai riwayat perjalanan dari luar daerah," kata Berty.

Dari enam kasus baru yang dinyatakan positif, empat warga Kabupaten Sleman yakni dua perempuan berusia 70 tahun dan 80 tahun, dan dua laki-laki berusia 56 tahun serta 36 tahun. Selanjutnya, satu warga berjenis kelamin laki-laki dari Kota Yogyakarta berusia 48 tahun, dan laki-laki berusia 37 tahun dari Bantul.

Berty mengatakan pasien positif perempuan berusia 80 tahun dari Sleman meninggal dunia sebelum hasil laboratorium akhirnya menyatakan positif Covid-19. Sementara itu, data Covid-19 nasional per Selasa petang lalau adalah 1.528 kasus positif, di mana terjadi peningkatan 114 pasien dibandingkan sehari sebelumnya.

Dari 1.528 kasus per Selasa lalu, jumlah korban meninggal mencapai 136 orang. Sementara itu mereka yang dinyatakan sembuh mencapai 81 orang. Jumlah kasus kematian dan sembuh itu masing-masing terjadi penambahan 14 dan 6 orang di seluruh Indonesia dibanding sehari sebelumnya. (*)

 Sumber : CNN Indonesia /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 28 Maret 2020 - 09:09:45 WIB

    Dua Orang Positif Corona, Banda Aceh Partial Lockdown!

    Dua Orang Positif Corona, Banda Aceh Partial Lockdown! ACEH, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota Banda Aceh akan melakukan partial lockdown atau lockdown lokal untuk menekan penyebaran virus corona, terutama di wilayah yang terdapat korban positif. Kebijakan itu diambil lantaran .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]