Corona Serang Kapal Induk Nuklir AS, 100 Orang Terinfeksi


Rabu, 01 April 2020 - 12:47:48 WIB
Corona Serang Kapal Induk Nuklir AS, 100 Orang Terinfeksi Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Virus corona menyerang kapal induk bertenaga nuklir milik Amerika Serikat Theodore Roosevelt dan menginfeksi lebih dari 100 orang di dalamnya.

Kapten Brett Crozier memberitahu kepada Pentagon bahwa virus mematikan itu menyebar tak terkendali di kapal berisi 4.000 awak tersebut. Dia meminta bantuan agar para kru bisa segera dikarantina.

Lewat surat empat halaman, sang kapten menuliskan bahwa mereka tak sanggup membendung penyebaran Covid-19. Dia menggambarkan situasi mengerikan di atas kapal yang saat ini telah berlabuh di perairan Guam.

"Kami sedang tidak berperang. Para pelaut tidak boleh mati," tulis Crozier berdasarkan salinan surat yang diteribtkan San Francisco Chronicle pada Selasa (31/3) seperti dikutip dari AFP.

Kata dia, penyebaran virus itu berlangsung semakin cepat, terlebih fasilitas di kapal sangat terbatas.

Chronicle mengatakan ratusan orang di kapal perang itu dikonfirmasi terinfeksi virus corona, jumlahnya naik drastis dari laporan terakhir pada Jumat lalu. Crozier dalam suratnya juga meminta fasilitas karantina untuk seluruh kru di Guam.

Angkatan Laut AS tidak mengkonfirmasi isi surat yang juga dipublikasikan oleh The New York Times tersebut. Sementara itu Menteri Pertahanan Mark Esper menyatakan belum akan mengevakuasi kapal perang Angkatan Laut AS itu.

Dia meminta seluruh awak tetap berada di dalam kapal untuk menghindari risiko yang tidak perlu. Esper menyerukan para awak tetap menjaga jarak selama berada di dalam kapal.

Dalam sebuah pernyataan, pejabat Angkatan Laut yang tidak bersedia disebutkan namanya mengatakan bahwa Crozier telah memberi tahu para pemimpin armada pasifik pada hari Minggu tentang masalah tersebut.

"Kepemimpinan Angkatan Laut bergerak cepat untuk mengambil semua langkah yang diperlukan untuk memastikan kesehatan dan keselamatan awak USS Theodore Roosevelt, dan sedang mengupayakan opsi untuk mengatasi masalah yang dikemukakan oleh komandan." (*)

 Sumber : cnnindonesia /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 25 Mei 2020 - 12:07:04 WIB

    Jepang Siap Cabut Status Darurat Nasional Corona Secara Bertahap

    Jepang Siap Cabut Status Darurat Nasional Corona Secara Bertahap HARIANHALUAN.COM - Jepang siap mencabut status darurat nasional virus Corona (COVID-19) pada hari Senin (25/5/2020). Status darurat akan dicabut secara bertahap usai pergerakan kasus Corona baru melambat..
  • Ahad, 24 Mei 2020 - 22:42:12 WIB

    Satu Keluarga Pesepakbola Terinfeksi Virus Corona, Begini Curhat Sang Istri

    Satu Keluarga Pesepakbola Terinfeksi Virus Corona, Begini Curhat Sang Istri HARIANHALUAN.COM - Pesepakbola Pavel Pogrebnyak dikabarkan terinfeksi virus Corona. Bukan hanya dia, seluruh keluarganya juga terpapar. Hal tersebut disampaikan oleh sang istri Maria Pogrebnyak-Shatalova. Ia mengungkap sang s.
  • Ahad, 24 Mei 2020 - 21:06:17 WIB

    Ilmuwan: Ada yang Aneh di Virus Corona

    Ilmuwan: Ada yang Aneh di Virus Corona HARIANHALUAN.COM - Seorang ilmuwan top di Australia meminta ada investigasi khusus untuk menyelidiki asal muasal sesungguhnya COVID-19 lantaran timnya menemukan bahwa virus tersebut secara unik bisa beradaptasi untuk menginfe.
  • Ahad, 24 Mei 2020 - 18:51:46 WIB

    Virus Corona dari Kelelawar di Lab Wuhan Ternyata Beda dengan Covid-19

    Virus Corona dari Kelelawar di Lab Wuhan Ternyata Beda dengan Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Institut Virologi Wuhan mengakui sempat memiliki tiga jenis virus corona hidup dari kelelawar. Virus hidup tersebut memiliki angka kemiripan sekitar 80 persen dari virus SARS-CoV-2 penyebab penyakit Covid-1.
  • Ahad, 24 Mei 2020 - 10:18:13 WIB

    Gawat! Bisnis Dibuka, 1 Tukang Cukur AS Tularkan Corona ke 91 Orang

    Gawat! Bisnis Dibuka, 1 Tukang Cukur AS Tularkan Corona ke 91 Orang HARIANHALUAN.COM - Seorang penata rambut AS yang terinfeksi virus corona menularkan virus ke 91 orang, ujar pejabat kesehatan setempat pada Sabtu (23/5). Dia sudah bekerja selama 8 hari di bulan ini, setelah bisnis kembali di.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]