5 Tips Kelola Uang dengan Bijak usai Gajian


Rabu, 01 April 2020 - 12:59:22 WIB
5 Tips Kelola Uang dengan Bijak usai Gajian Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mengelola uang dengan baik seringkali sulit diterapkan. Namun itu akan menjadi mudah ketika kamu mulai melakukannya dan terbiasa.

Dengan penganggaran yang cermat, penghematan yang cerdas, dan menyeimbangkan pendapatan dan pengeluaran, siapa saja bisa mengelola uang dengan bijak.

Berikut lima trik yang bisa dilakukan untuk membantu mengelola uang dan terhindar dari kebiasaan boros.

1. Kurangi pergi kencan di luar
Tak dimungkiri kalau pacaran pasti butuh uang. Entah untuk membeli bensin, makan, jajan, nonton, atau ngopi. Untuk melakukan dua aktivitas seperti makan dan nonton berdua saja, rata-rata anak muda menghabiskan Rp200-300 ribu. Apabila jumlah itu dikalikan 4 kali selama sebulan, akan ketemu nominal yang cukup besar.

Kamu bisa menyiasati kencan di luar dengan beberapa kegiatan di rumah seperti nonton film di rumah, main games, ngopi dan mengobrol santai di beranda sembari lebih dekat dengan keluarga sang pacar.

2. Jauhi kartu kredit
Ada yang bilang, kartu kredit sama dengan memupuk kemiskinan. Penggunaan kartu kredit menciptakan kebiasaan buruk yakni menggesek tanpa berpikir. Alternatifnya, gunakan uang tunai agar sisa uang lebih terpantau. Ketika kamu memegang uang tunai, secara tak langsung membuat kamu berpikir dua kali untuk menghabiskannya.

3. Menabung di awal
Menyetorkan uang ke rekening tabungan baiknya dilakukan di awal bulan tepat setelah gajian. Dengan menabung di depan membantumu membangun kebiasaan keuangan yang sehat dan terhindar dari kebiasaan belanja kompulsif.

4. Beli dalam jumlah besar
Membeli dalam jumlah besar terkesan lebih mahal di awal, tetapi kamu bisa menghemat uang dalam jangka panjang. Lihat promo yang biasanya tersedia, misalnya 'beli dua gratis satu' atau 'belanja banyak lebih murah' yang bisa memangkas pengeluaran secara kumulatif.

5. Manfaatkan promo
Sebagian orang nyatanya masih ada yang mengesampingkan kupon promo atau voucher karena malas atau tidak peduli dengan selisih uang. Padahal jika memanfaatkan promo, kamu bisa mengurangi beban pengeluaran. (*)

 Sumber : cnnindonesia /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 23 Mei 2020 - 19:01:28 WIB

    Keren Abis, Ini 5 Aplikasi Bikin Kartu Ucapan Selamat Idul Fitri

    Keren Abis, Ini 5 Aplikasi Bikin Kartu Ucapan Selamat Idul Fitri HARIANHALUAN.COM -- Momen Idul Fitri atau Lebaran biasanya dipakai untuk bertemu dengan sanak saudara dan keluarga. Namun di tengah pandemi Covid-19 seperti ini, beberapa orang bisa jadi mengurungkan niatnya untuk bertemu de.
  • Sabtu, 23 Mei 2020 - 12:13:56 WIB

    5 'Rahasia' Agar Tak Gagal Membuat Kue Kering Lebaran

    5 'Rahasia' Agar Tak Gagal Membuat Kue Kering Lebaran HARIANHALUAN.COM - Membuat kue kering adalah satu kegiatan yang identik dan ditunggu-tunggu jelang Lebaran. Meski tahun ini Lebaran mungkin tak dirayakan bersama keluarga besar karena anjuran untuk di rumah saja demi menekan .
  • Selasa, 12 Mei 2020 - 21:55:26 WIB

    5 Cara Membedakan Daging Babi dan Daging Sapi

    5 Cara Membedakan Daging Babi dan Daging Sapi Masyarakat dihebohkan dengan temuan daging babi yang dibuat menyerupai daging sapi. Hal itu dilakukan oleh empat pelaku di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, yang telah menjual dan mengedarkan sebanyak 63 ton daging palsu itu sel.
  • Selasa, 12 Mei 2020 - 15:27:41 WIB

    Ingin Turun Berat Badan Sampai 45 Kilogram? Intip 3 Cara Diet Adele

    Ingin Turun Berat Badan Sampai 45 Kilogram? Intip 3 Cara Diet Adele dele menunjukkan perubahan drastis ketika ulang tahunnya yang ke-32. Dia muncul dengan mini dress body contour yang memperlihatkan bentuk tubuh langsing dan juga wajahnya yang tirus..
  • Ahad, 10 Mei 2020 - 12:52:06 WIB

    Tak Hanya Corona, 5 Virus Ini Juga Ditemukan di Cairan Sperma

    Tak Hanya Corona, 5 Virus Ini Juga Ditemukan di Cairan Sperma Temuan terbaru menunjukkan bahwa SARS-CoV-2, jenis virus Corona penyebab COVID-19, ditemukan juga di cairan sperma. Sebelumnya, ada beberapa jenis virus yang juga ditemukan di cairan sperma. Salah satunya ebola..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]