5 Tips Kelola Uang dengan Bijak usai Gajian


Rabu, 01 April 2020 - 12:59:22 WIB
5 Tips Kelola Uang dengan Bijak usai Gajian Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mengelola uang dengan baik seringkali sulit diterapkan. Namun itu akan menjadi mudah ketika kamu mulai melakukannya dan terbiasa.

Dengan penganggaran yang cermat, penghematan yang cerdas, dan menyeimbangkan pendapatan dan pengeluaran, siapa saja bisa mengelola uang dengan bijak.

Baca Juga : Hati-hati Hipertensi Saat Lebaran, Ini Tips Dokter untuk Pengaturan Pemilihan Makanan

Berikut lima trik yang bisa dilakukan untuk membantu mengelola uang dan terhindar dari kebiasaan boros.

1. Kurangi pergi kencan di luar
Tak dimungkiri kalau pacaran pasti butuh uang. Entah untuk membeli bensin, makan, jajan, nonton, atau ngopi. Untuk melakukan dua aktivitas seperti makan dan nonton berdua saja, rata-rata anak muda menghabiskan Rp200-300 ribu. Apabila jumlah itu dikalikan 4 kali selama sebulan, akan ketemu nominal yang cukup besar.

Baca Juga : Anak Beli Cash in Game Rp800 Ribu, Orangtua Ngamuk

Kamu bisa menyiasati kencan di luar dengan beberapa kegiatan di rumah seperti nonton film di rumah, main games, ngopi dan mengobrol santai di beranda sembari lebih dekat dengan keluarga sang pacar.

2. Jauhi kartu kredit
Ada yang bilang, kartu kredit sama dengan memupuk kemiskinan. Penggunaan kartu kredit menciptakan kebiasaan buruk yakni menggesek tanpa berpikir. Alternatifnya, gunakan uang tunai agar sisa uang lebih terpantau. Ketika kamu memegang uang tunai, secara tak langsung membuat kamu berpikir dua kali untuk menghabiskannya.

3. Menabung di awal
Menyetorkan uang ke rekening tabungan baiknya dilakukan di awal bulan tepat setelah gajian. Dengan menabung di depan membantumu membangun kebiasaan keuangan yang sehat dan terhindar dari kebiasaan belanja kompulsif.

4. Beli dalam jumlah besar
Membeli dalam jumlah besar terkesan lebih mahal di awal, tetapi kamu bisa menghemat uang dalam jangka panjang. Lihat promo yang biasanya tersedia, misalnya 'beli dua gratis satu' atau 'belanja banyak lebih murah' yang bisa memangkas pengeluaran secara kumulatif.

5. Manfaatkan promo
Sebagian orang nyatanya masih ada yang mengesampingkan kupon promo atau voucher karena malas atau tidak peduli dengan selisih uang. Padahal jika memanfaatkan promo, kamu bisa mengurangi beban pengeluaran. (*)

Editor : NOVA | Sumber : cnnindonesia
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]