Masker Kain Boleh Dipakai Ulang, Bagaimana Cara Mencucinya Agar Steril?


Rabu, 01 April 2020 - 13:40:58 WIB
Masker Kain Boleh Dipakai Ulang, Bagaimana Cara Mencucinya Agar Steril? Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kelangkaan masker bedah membuat orang beralih ke jenis masker lain, salah satunya masker kain. Meski kemampuan menyaring partikel tak sebagus masker bedah, masker kain tetap bisa dipakai dalam kondisi darurat.

Dokter spesialis paru RS Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, dr Erlina Burhan, SpP(K),MSc, PhD mengingatkan untuk tidak lupa mencuci masker kain dengan detergen dan air panas.

"Keuntungannya masker kain ini bisa dipakai berulang, tetapi tentu saja perlu dicuci, dicuci dengan detergen bila perlu memakai air panas. Karena detergen dengan air panas bisa mematikan virus," jelas dr Erlina dalam konferensi pers dalam jaringan di BNPB, Rabu (1/4/2020).

Hal ini juga disampaikan oleh juru bicara pemerintah terkait penanganan virus corona, Achmad Yurianto beberapa waktu lalu. Ia menyampaikan untuk menjaga kebersihan dan selalu mencuci peralatan pribadi dengan deterjen. Disebutkan bahwa deterjen bisa membunuh partikel virus corona yang ada di benda.

"Yakinkan selesai dipakai langsung dicuci dengan sabun karena kita tahu virus ini bungkusnya, envelope-nya, sangat rapuh jika terkena detergen. Dia akan gampang pecah. Kalau pecah, maka virusnya akan mati. Ini yang penting. Detergen apa pun," ujar Yuri.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 24 Mei 2020 - 17:06:21 WIB

    Lebaran Saat Pandemi Corona, Perlukah Tetap Bermasker di Rumah?

    Lebaran Saat Pandemi Corona, Perlukah Tetap Bermasker di Rumah? HARIANHALUAN.COM -- Silaturahmi dari rumah ke rumah saat Hari Raya Idul Fitri sudah menjadi tradisi bagi banyak orang. Namun nampaknya tradisi tersebut akan sedikit berbeda pada tahun ini karena adanya pandemi corona Covid-19.
  • Jumat, 22 Mei 2020 - 16:56:54 WIB

    Ingat! Jangan Pernah Pakai Masker saat Olahraga, Bisa Bikin Paru-paru Hancur

    Ingat! Jangan Pernah Pakai Masker saat Olahraga, Bisa Bikin Paru-paru Hancur HARIANHALUAN.COM -- Lonjakan cepat jumlah kasus positif virus corona atau COVID-19 di seluruh dunia membuat kita semakin sadar untuk menjaga kesehatan. Orang-orang di seluruh dunia mengambil tindakan pencegahan yang diperlu.
  • Rabu, 06 Mei 2020 - 10:27:29 WIB

    Corona, Produsen Masker Meningkat 200 Persen

    Corona, Produsen Masker Meningkat 200 Persen Hanya sebagian pedagang yang masih bertahan berjualan masker medis. Di saat harga masker medis masih tinggi, namun permintaan menurun sehingga banyak pedagang yang tak sanggup menjualnya..
  • Ahad, 03 Mei 2020 - 14:12:53 WIB

    Bisakah Masker Scuba Tangkal Corona? Ini Penjelasan Dokter Paru

    Bisakah Masker Scuba Tangkal Corona? Ini Penjelasan Dokter Paru JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Masker scuba sangat populer belakangan ini, terutama sejak pemerintah dan organisasi kesehatan dunia (WHO) merekomendasikan pemakaian masker kain untuk mencegah virus Corona COVID-19. Selain murah,.
  • Jumat, 24 April 2020 - 09:02:18 WIB

    Bahan Terbaik untuk Membuat Masker Kain

    Bahan Terbaik untuk Membuat Masker Kain JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah menetapkan setiap orang harus menggunakan masker saat keluar rumah untuk mencegah penyebaran infeksi virus corona. Anda dapat menggunakan masker bedah atau masker kain dengan kualitas ba.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]