UPDATE: Pasien Positif Corona di Padang Tambah 1 Orang, Total Jadi 6, PPT 2727


Rabu, 01 April 2020 - 14:04:07 WIB
UPDATE: Pasien Positif Corona di Padang Tambah 1 Orang, Total Jadi 6, PPT 2727 Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Jumlah terkonfirmasi positif virus Corona atau Covid-19 di Kota Padang bertambah satu orang lagi sehingga menjadi 6 (enam) jiwa. Adapun jumlah pasien negatif Corona sebanyak 4 (empat) jiwa, 1 (satu) masih menunggu hasil, dan satu lagi meninggal dunia.

Seperti dirilis dari laman resmi Dinas Kesehatan Kota Padang, https://dinkes.padang.go.id//, Rabu (1/4/2020), Orang Dalam Pantaun (ODP) jumlah bertambah menjadi 96 jiwa dari sebelumnya hanya 93 jiwa. Adapun yang baru dilakukan pemantau 25 jiwa, dan 22 jiwa ditanyakan sembuh.

"Jumlah terkonfirmasi ada enam yang tersebar disebelumnya Kecamatan, diantaranya 4 orang di Padang Timur, 1 Koto Tangah, dan 1 lagi di Lubuk Begalung," tulis Dinas Kesehatan Padang di laman resminya.

Sedangkan, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 11 orang. Kemudian, PPT (pelaku perjalanan daerah terjangkit) ada 2.727 orang. Dari jumlah tersebut yang sudah dipantau sebanyak 46 orang, dan 386 baru dipantau.

Apa itu Corona Virus?

Coronavirus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit ringan sampai berat, seperti common cold atau pilek dan penyakit yang serius seperti MERS dan SARS. Penularannya dari hewan ke manusia (zoonosis) dan penularan dari manusia ke manusia sangat terbatas.

Infeksi virus ini disebut COVID-19 dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Pada 30 Januari 2020 Covid-19 dinyatakan sebagai darurat kesehatan masyarakat internasional.

Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara, termasuk Indonesia.

Coronavirus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu.

Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia), Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). (*)

Reporter : Milna | Editor : Milna
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]