China Akan Mulai Laporkan Kasus Virus Corona Tanpa Gejala


Rabu, 01 April 2020 - 14:16:19 WIB
China Akan Mulai Laporkan Kasus Virus Corona Tanpa Gejala Ilustrasi

BEIJING, HARIANHALUAN.COM - Otoritas China kini mulai memasukkan data kasus virus Corona (COVID-19) tanpa gejala ke dalam penghitungan resmi jumlah total kasus. Hal ini dilakukan dalam upaya menghilangkan ketakutan publik bahwa orang-orang bisa menularkan virus Corona tanpa menyadari mereka terinfeksi.

Seperti dilansir Reuters dan Channel News Asia, Rabu (1/4/2020), China yang menjadi tempat awal terdeteksinya, telah berhasil mengendalikan wabah virus Corona dan kini tengah dalam proses mencabut pembatasan perjalanan secara bertahap di wilayah yang menjadi sumber penularan.

Baca Juga : Pangkalan Militer AS di Irak Dihantam Roket, 5 Orang Dilaporkan Luka-luka

Namun ada kekhawatiran bahwa diakhirinya lockdown akan berdampak pada kembalinya ribuan orang yang bisa menularkan ke kehidupan sehari-hari, tanpa menyadari mereka membawa virus Corona, karena mereka tidak mengalami gejala-gejalanya dan tidak diperiksa medis.

Hingga sekarang, jumlah kasus tanpa gejala yang telah terungkap, dirahasiakan dan tidak dimasukkan dalam data resmi yang dirilis otoritas China setiap hari.

Baca Juga : Hong Kong Larang Penerbangan dari India-Filipina-Pakistan Gegara Ada Virus Mutan

Laporan surat kabar South China Morning Post (SCMP) yang mengutip dokumen resmi yang tidak dipublikasikan, menyebut baru-baru ada lebih dari 40 ribu kasus tanpa gejala di wilayah China daratan.

Dalam upaya untuk menghilangkan ketakutan publik terhadap kasus-kasus tersembunyi, pemerintah China pada pekan ini memerintahkan otoritas kesehatan untuk mengalihkan perhatian pada pencarian kasus virus Corona tanpa gejala dan merilis datanya ke publik.

Baca Juga : AS dan Rusia Makin Panas, Biden Peringatkan Putin Soal Navalny

Otoritas kesehatan di Provinsi Liaoning menjadi yang pertama memasukkan data kasus tanpa gejala dalam laporan pada Rabu (1/4) waktu setempat. Pernyataan otoritas Provinsi Liaoning via situs resminya melaporkan ada 52 pasien virus Corona yang tidak menunjukkan gejala hingga 31 Maret.

Otoritas Provinsi Hunan dalam pernyataan terpisah via situsnya, menyebut ada empat kasus tanpa gejala, yang semuanya merupakan kasus impor atau muncul dari orang-orang yang tertular di luar negeri dan datang ke China.

Baca Juga : Kasus Positif dan Kematian Covid-19 di Pakistan Tembus Rekor

Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) akan mulai memasukkan data kasus tanpa gejala juga pada Rabu (1/4) waktu setempat.

Ada perdebatan di kalangan para pakar soal betapa menularnya kasus-kasus tanpa gejala. Namun NHC menyebut seluruh kasus tanpa gejala akan wajib karantina selama 14 hari. Disebutkan NHC bahwa hingga Senin (30/3) waktu setempat, ada 1.541 pasien virus Corona tanpa gejala yang ada di bawah pengawasan.

Sejauh ini, China melaporkan lebih dari 81 ribu kasus virus Corona di wilayahnya, dengan 3.305 orang meninggal.(*)

Editor : NOVA | Sumber : detik.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]