Lebih dari 1.000 Warga China Positif Corona Tanpa Gejala


Rabu, 01 April 2020 - 15:09:11 WIB
Lebih dari 1.000 Warga China Positif Corona Tanpa Gejala Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) menyatakan sampai saat ini menemukan ada 1.541 penduduk yang positif virus corona tetapi sama sekali tidak memperlihatkan gejala sakit.

Seperti dilansir CNN, Rabu (1/4), orang-orang yang tidak menunjukkan gejala penyakit Covid-19 akibat virus corona sebelumnya tidak dimasukkan ke dalam jumlah pengidap secara keseluruhan.

China mengkategorikan mereka yang positif tetapi tidak menunjukkan gejala sebagai orang dalam pengawasan medis. Jumlah tersebut termasuk 205 kasus yang berasal dari pendatang atau penduduk China yang tiba dari luar negeri.

Kasus terbaru yang melibatkan orang tanpa gejala terjadi di Provinsi Henan. Seorang perempuan di wilayah tersebut pekan lalu dinyatakan positif virus corona setelah bertemu seorang teman yang merupakan dokter, yang ternyata positif corona dan tidak memperlihatkan gejala apapun.

Menurut pejabat senior NHC, Chang Jile, petugas kesehatan di China menyatakan akan lebih memperketat pemeriksaan dan aturan karantina terhadap mereka yang tidak menunjukkan gejala corona. Mereka yang dinyatakan positif dan tidak menunjukkan gejala wajib menjalani karantina selama 14 hari.

Mereka baru dibolehkan pulang jika hasil pemeriksaan kedua dengan jangka waktu masing-masing 24 jam menyatakan negatif. Namun, jika ternyata dalam karantina mereka menampakkan gejala penyakit, maka harus langsung dirawat hingga dinyatakan sembuh di rumah sakit yang dirujuk pemerintah.

Perdana Menteri China, Li Keqiang, pada Senin (30/3) yang membawahi satuan tugas penanganan virus corona menyatakan saat ini mulai mengutamakan menangani orang yang positif virus corona tanpa gejala. Yaitu mulai dari deteksi, penelusuran kontak, hingga isolasi dan pengobatan untuk menghindari celah dalam menahan laju penyebaran virus corona.

Padahal, dalam beberapa hari pemerintah China bersiap mencabut kebijakan penguncian wilayah di Provinsi Hubei yang menjadi pusat penyebaran wabah dan beberapa lokasi lain. Kasus di Henan membuat orang positif corona tanpa gejala menjadi sorotan, sekaligus mempertanyakan keterbukaan pemerintah dalam melaporkan kasus infeksi corona.(*)

 Sumber : cnnindonesia /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]