7 Hal yang Harus Dilakukan Saat Punya Gejala Ringan Mirip Corona


Rabu, 01 April 2020 - 15:22:09 WIB
7 Hal yang Harus Dilakukan Saat Punya Gejala Ringan Mirip Corona Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sebagian orang yang memiliki gejala ringan virus corona COVID-19 mungkin akan khawatir dan ingin segera menadapatkan perawatan. Hal ini memang perlu dilakukan apalagi jika kamu memiliki riwayat kontak langsung dengan pasien positif corona.

Namun tidak semua orang yang memiliki gejala bisa melakukan pemeriksaan langsung untuk mengetahui apakah kamu benar terinfeksi corona dan segera mendapatkan perawatan. Meski begitu jika kamu memiliki gejala ringan beberapa hal seperti berikut bisa kamu lakukan di rumah, dirangkum detikcom pada Rabu (1/4/2020) dari berbagai sumber:

1. Mengisolasi diri
Jika kamu sudah mengalami gejala ringan seperti flu, demam dan batuk lakukan isolasi diri. Melakukan isolasi diri di rumah bukan berarti kamu tidak melaksanakan social distancing.

Kamu perlu untuk tetap melakukan social distancing dengan menjaga jarak minimal satu meter dari anggota keluarga di rumah selama 14 hari.

2. Minum air yang cukup
Istirahatlah yang cukup di rumah dan minum air yang cukup. Bila tetap merasa tidak nyaman, keluhan berlanjut, atau disertai dengan kesulitan bernapas (sesak atau napas cepat), segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes).

3. Jangan memakai alat makan bersamaan
Saat kamu merasa sakit dan sudah memiliki gejala virus corona COVID-19, sebisa mungkin untuk tidak menggunakan alat makan bersamaan. Hal ini guna menghindari resiko penularan yang terjadi.

4. Jaga asupan makan
Pastikan kamu mengonsumsi asupan makanan yang sehat dan kaya nutrisi seperti mengonsumsi buah, sayuran, dan makanan yang kaya akan vitamin untuk mengembalikan imunitas tubuh kembali kuat.

5. Cuci tangan
Cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir. Lakukan selama 20 detik, jika tidak ada sabun kamu bisa menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60-70 persen.

6. Disinfeksi benda-benda di sekitarmu
Pastikan sesering mungkin bersihkan benda-benda yang sering disentuh menggunakan disinfektan.

7. Segera berobat
Jika kondisi tak kunjung reda segera pergi berobat dengan menggunakan masker, dan menjaga etika batuk. Usahakan tidak menggunakan transportasi massal.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 12 Mei 2020 - 19:35:36 WIB

    7 Cara Menjaga Kesehatan Saluran Pernapasan

    7 Cara Menjaga Kesehatan Saluran Pernapasan Pada masa pandemi virus corona seperti sekarang, penting untuk menjaga kesehatan pernapasan. Terlebih seperti diketahui, virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 tersebut pertama-tama menyerang saluran pernapasan..
  • Jumat, 17 April 2020 - 17:03:41 WIB

    Bukan Kaleng-kaleng! Sudah Terbukti Secara Ilmiah, Ini 7 Manfaat Kurma

    Bukan Kaleng-kaleng! Sudah Terbukti Secara Ilmiah, Ini 7 Manfaat Kurma JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Buah kurma tak hanya menawarkan kelezatan. Kurma juga memiliki banyak khasiat. Terdapat sejumlah manfaat kurma yang terbukti secara ilmiah..
  • Selasa, 07 April 2020 - 09:03:06 WIB

    Riset: Virus Corona Bisa Bertahan hingga 7 Hari di Masker

    Riset: Virus Corona Bisa Bertahan hingga 7 Hari di Masker JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Berbagai penelitian telah dilakukan untuk menghitung berapa lama virus corona dapat bertahan di benda-benda mati. Dalam riset terbaru ditemukan hal yang mengejutkan, bahwa virus corona yang menyeb.
  • Ahad, 05 April 2020 - 20:14:39 WIB

    Masker Kain Diklaim Mampu Tangkal Virus 70 Persen

    Masker Kain Diklaim Mampu Tangkal Virus 70 Persen JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah memberikan edukasi terkait penggunaan masker di kalangan masyarakat. Tim Pakar Gugus Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan tentang penggunaan masker kain tiga lapis di masyarakat..
  • Selasa, 31 Maret 2020 - 22:08:51 WIB

    7 Rekomendasi Minyak Esensial untuk Atasi Bibir Kering

    7 Rekomendasi Minyak Esensial untuk Atasi Bibir Kering JAKARTA, HARIANGALUAN.COM - Bibir kering dan pecah-pecah bisa begitu mengganggu. Untuk mengatasi rasa tidak nyaman akibat bibir pecah-pecah, Anda bisa menggunakan minyak esensial..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]