Ini Tata Cara Lepaskan Masker Setelah Digunakan


Rabu, 01 April 2020 - 15:31:31 WIB
Ini Tata Cara Lepaskan Masker Setelah Digunakan Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Dokter Spesialis Paru RSUP Persahabatan, Erlina Burhan mengatakan, masyarakat umum kerap melupakan tata cara melepaskan masker bedah secara tepat yakni dengan langsung menyentuh bagian permukaannya.

Ia menjelaskan melepaskan masker bedah setelah dipakai dengan hanya memegang bagian talinya saja tanpa menyentuh bagian permukaan.

"Melepaskan masker ada caranya hanya memegang talinya jangan memegang maskernya," kata Erlina dalam konferensi pers melalui akun YouTube BNPB, Rabu, 1 April 2020..

Prosedur ini kerap dilupakan masyarakat, karena partikel virus yang kemungkinan menempel di permukaan malah bakal terdistribusi ke tangan.

Menurut dia, meski telah melepaskan masker, masyarakat juga jangan merasa telah aman dari ancaman virus. Mereka tetap diminta untuk langsung mencuci tangan sebagai bagian mempertebal proteksi.

"Jangan merasa aman setelah menggunakan masker, setelah melepaskan masker tetap harus mencuci tangan. Menggunakan masker bila batuk, kalau tidak ada lakukan etika batuk. Intinya pesan pencegahan pertama jaga jarak aman, stay at home, etika batuk jika bersin, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, lakukan semuanya dengan disiplin," kata dia.

Ia mengatakan masker bedah efektif mencegah partikel airbone ukuran 0,1 mikron dari 30 hingga 95 persen. Namun masih memiliki kelemahan yakni tidak bisa menutupi permukaan wajah secara sempurna terutama di sisi samping kiri dan kanan masker.

Apabila permukaan dalam masker sudah basah, maka wajib mengganti atau membuangnya dan itu hanya digunakan sekali pakai. Meski begitu, masyarakat yang wajib menggunakan masker bedah adalah orang sakit dan tenaga medis.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk tidak memborong masker. Pasalnya, jika ketersediaan masker langka dan orang sakit tidak mendapatkan akses terhadapnya, maka dipastikan akan terus menjadi sumber penularan.

"Kalau orang sehat memborong dan memakai (masker bedah) maka ketersediaan masker ini tidak ada lagi bagi tenaga kesehatan maupun orang sakit, dan ini berbahaya kalau orang sakit tidak ada akses terhadap masker bisa jadi orang sakit ini jadi sumber penularan kita semua," katanya.(*)

 Sumber : vivanews.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 05 April 2020 - 09:35:03 WIB

    Miris! Uang Tak Dikirim Istri, Pria Ini Cekik dan Siksa Anaknya

    Miris! Uang Tak Dikirim Istri, Pria Ini Cekik dan Siksa Anaknya NASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- Seorang pria bernama M Robby Pradana (25) di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) tega menganiaya anak kandungnya sendiri. Tindakan keji ini dilakukan hanya untuk kepentingan dirinya semata y.
  • Sabtu, 04 April 2020 - 16:33:29 WIB

    3 Provinsi Ini Rentan Terhadap Virus Corona

    3 Provinsi Ini Rentan Terhadap Virus Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Katadata Insight Center (KIC) mengeluarkan hasil riset terbaru yaitu Indeks Kerentanan Provinsi terhadap virus corona atau Covid-19. Hasilnya, ada tiga provinsi di Indonesia, yaitu DKI Jakarta, Ba.
  • Jumat, 03 April 2020 - 22:44:01 WIB

    Parah! Disuruh Social Distancing, Tujuh Remaja di Padang Ini Malah Ikut Balap Liar

    Parah! Disuruh Social Distancing, Tujuh Remaja di Padang Ini Malah Ikut Balap Liar PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Tujuh remaja laki-laki dan tiga unit sepeda motor diamankan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang di kawasan Air Pacah By Pass pada Jumat (3/4/2020) sore. Ketujuh remaja tersebut melan.
  • Kamis, 02 April 2020 - 15:14:28 WIB

    PLN UIW Sumbar Siap Gratiskan Listrik untuk Masyarakat, Ini Mekanismenya

    PLN UIW Sumbar Siap Gratiskan Listrik untuk Masyarakat, Ini Mekanismenya PADANG, HARIANHALUAN.COM -- PLN UIW Sumbar siap menyukseskan program pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dengan menetapkan mekanisme pelaksanaan pemberian stimulus tarif listrik terkait pembeb.
  • Kamis, 02 April 2020 - 00:29:00 WIB

    Simak! Ini Cara Dapat Listrik Diskon dan Gratis dengan Token

    Simak! Ini Cara Dapat Listrik Diskon dan Gratis dengan Token JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Demi meringankan ekonomi masyarakat dampak dari corona virus (Covid-19), pemerintah membebaskan pembayaran listrik bagi 24 juta pelanggan dengan daya 450 Volt Ampere (VA) dan memberikan diskon 50% .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]