Polres Pasaman Musnahkan BB Narkoba Senilai Rp3 Miliar


Rabu, 01 April 2020 - 18:35:25 WIB
Polres Pasaman Musnahkan BB Narkoba Senilai Rp3 Miliar Bupati Pasaman, Yusuf Lubis, saat menghancurkan barang bukti narkoba seberat hampir satu kilogram, disaksikan unsur forkopimda Kabupaten Pasaman.

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Jajaran Kepolisian Resor Pasaman, Sumatera Barat, musnahkan barang bukti (BB) narkoba jenis sabu-sabu mencapai senilai Rp 3 miliar, Rabu (1/4/2020).

"Barang bukti yang dimusnahkan ini merupakan hasil tangkapan dari bandar narkoba lintas provinsi yang terjaring operasi yang dilaksanakan satuan reserse narkoba belum lama ini," kata Kapolres setempat AKBP Hendri Yahya, di Lubuksikaping.

Ia mengungkapkan, barang bukti yang berhasil diamankan dari tersangka berinisial SH (27) dan RZ (19) itu pada saat penyergapan dan penangkapan seberat satu kilogram, namun yang dimusnahkan hanya sekitar 961,66 Gram karena sisanya sekitar 50 gram dibutuhkan sebagai barang bukti di pengadilan nanti.

Menurutnya, paket sabu - sabu yang berhasil disita tersebut senilai dengan menyelamatkan sekitar lima ribu jiwa dari ancaman bahaya narkoba, sehingga sangat dibutuhkan peran serta semua pihak untuk berpartisipasi aktif dalam melakukan cegah tangkal masuknya narkoba ke wilayah hukum polres tersebut secara mandiri.

"Salah satunya dengan cara menjauhi praktik penyalahgunaannya dan melaporkan jika mengetahui atau memiliki informasi dugaan peredaran atau penyalahgunaan narkoba tersebut," jelasnya.

Ia menyebutkan, operasi penangkapan yang dilakukan jajarannya merupakan penindakan terbesar untuk kasus Narkotika jenis Sabu-sabu didaerah itu.

Menurutnya, pemasok Narkotika terbesar ke Sumatera Barat khususnya Pasaman berasal dari Aceh dan Madina-Sumut dengan menjadikan jalur perlintasan dan titik edarnya di wilayah hukum Polres Pasaman.

"Kasus ini segera kami limpahkan berkas perkaranya ke pihak Kejaksaan Negeri Pasaman untuk disidangkan," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Pasaman, Yusuf Lubis yang hadir dalam kegiatan itu sangat mengapresiasi keseriusan Polisi dalam menindak setiap peredaran Narkotika di daerah tersebut.

"Dari dulu sudah saya tegaskan bahwa pasaman menyatakan perang terhadap berbagai bentuk peredaran Narkotika. Tidak ada ampun bagi yang nekat mencoba-coba mengedarkan atau memakainya dan kalau perlu lakukan tindakan tembak ditempat agar memberikan efek jera," tegasnya.

Ia meminta kepada semua pihak untuk sama-sama mendukung pihak kepolisian dalam mengungkap kasus Narkotika didaerah itu.

"Semua pihak harus terlibat. Agar sama-sama kita selamatkan anak cucu kemenakan kita dari bahaya Narkotika ini," sebutnya. (*)

 Editor : Tim

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]