Imbas Corona, Matahari Tutup Seluruh Gerai Selama 2 Pekan


Rabu, 01 April 2020 - 19:09:12 WIB
Imbas Corona, Matahari Tutup Seluruh Gerai Selama 2 Pekan Matahari Department Store menutup seluruh gerainya di Indonesia selama 14 hari mulai Senin (30/3) karena wabah virus corona. (Yoshi Canopus via Wikimedia (CC-BY-SA-3.0))

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) menutup seluruh gerainya di Indonesia selama 14 hari mulai Senin (30/3) karena wabah virus corona. Ini artinya, penutupan akan berlangsung sampai Senin (13/4) mendatang.

Direktur Utama Matahari Department Store Terry O'Connor mengatakan penutupan ini berkaitan dengan penyebaran virus corona di Indonesia. Manajemen berharap langkah ini bisa mengurangi risiko penyebaran wabah corona.

"Matahari telah mengkomunikasikan kepada seluruh karyawannya secara nasional bahwa sebagai langkah sukarela untuk menjaga kesehatan karyawan, Matahari akan menutup sementara seluruh gerai," ucap O'Connor dilansir dari CNN Indonesia, Rabu (1/4/2020).

Selain menutup sementara seluruh gerainya, manajemen Matahari Department Store juga menarik rekomendasi pembayaran dividen sebelumnya dan menangguhkan semua pembayaran dividen pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) mendatang.

O'Connor menyatakan sedang mengkaji sejumlah kebijakan untuk mengurangi beban perusahaan. Beberapa beban yang dimaksud, seperti beban sewa, beban pemasaran untuk jangka menengah, dan beban sumber daya manusia.

Ia membuka opsi untuk melarang perjalanan dinas, penurunan cuti tidak berbayar, penurunan gaji khususnya di tingkat manajemen senior. Selain itu, rencana pembukaan empat gerai baru juga ditunda untuk beberapa bulan ke depan.

"Kondisi ritel menurun dengan tajam pada Maret dan meskipun Januari-Februari 2020 memenuhi ekspektasi, saat ini kami beroperasi dengan situasi yang sangat tidak pasti," tutur O'Connor.

Sebelum Matahari, sudah ada beberapa manajemen lain yang juga menutup tempatnya sementara di tengah penyebaran virus corona. Salah satunya Perumda Pasar Jaya yang menutup sementara seluruh pasar yang berada di kawasan Tanah Abang pada 27 Maret hingga 5 April 2020 mendatang.

Keputusan ini diambil demi mencegah penyebaran virus corona di dalam negeri. Apalagi, jumlah pengunjung Pasar Tanah Abang selalu meningkat tajam jelang Ramadan.

Selain itu, manajemen Plaza Indonesia, beberapa toko di Lippo Mall Puri, Summarecon Mall Kelapa Gading, Senayan City, dan Central Park juga memberhentikan sementara operasionalnya. Semua dilakukan guna mencegah penularan virus corona.

Maklum, peningkatan kasus di Indonesia terus bertambah setiap harinya. Jumlah pasien positif terinfeksi virus corona mencapai 1.677 kasus pada Rabu (1/4). Dari jumlah itu, korban meninggal mencapai 157 jiwa, dan jumlah yang sembuh 103 orang. (*)

 Sumber : CNN /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 29 Mei 2020 - 14:53:36 WIB

    Imbas Corona Mulai 'Menggoyang' AirAsia, PHK 9 Karyawan dan Rumahkan 873 Pegawai

    Imbas Corona Mulai 'Menggoyang' AirAsia, PHK 9 Karyawan dan Rumahkan 873 Pegawai HARIANHALUAN.COM - PT AirAsia Indonesia Tbk (CMPP) merumahkan 873 karyawan total 1.645 karyawan karena wabah virus corona (covid-19). Bahkan, perusahaan juga melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 9 karyawannya..
  • Selasa, 05 Mei 2020 - 11:53:22 WIB

    Imbas Corona, Ekonomi RI Cuma Tumbuh 2,97% di Kuartal I-2020

    Imbas Corona, Ekonomi RI Cuma Tumbuh 2,97% di Kuartal I-2020 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2020 sebesar 2,97%. Semua ini terjadi karena imbas virus Corona (COVID-19) yang melanda dalam negeri..
  • Senin, 20 April 2020 - 13:48:15 WIB

    Imbas PSBB, Driver Taksi Online: Dapat Rp100 Ribu Aja Susah

    Imbas PSBB, Driver Taksi Online: Dapat Rp100 Ribu Aja Susah JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Driver taksi online curhat kehilangan penumpang di tengah penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pasalnya, di tengah PSBB masyarakat memang didorong untuk tinggal di rumah. Semua kanto.
  • Ahad, 19 April 2020 - 12:57:28 WIB

    Wabah Covid-19 Berimbas Pada Usaha Aksesoris Motor di Pasbar

    Wabah Covid-19 Berimbas Pada Usaha Aksesoris Motor di Pasbar PASBAR, HARIAN HALUAN.COM - Pemilik Toko Aksesoris dan Variasi sepeda motor, Amrizal yang terletak di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mengeluh karena minimnya pemasukan yang ia dapat imbas dari wabah covid 19..
  • Selasa, 07 April 2020 - 09:14:35 WIB

    Imbas Corona, Sebanyak 300 Pekerja Ramayana Kena PHK

    Imbas Corona, Sebanyak 300 Pekerja Ramayana Kena PHK JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Wabah corona berdampak serius pada para pelaku usaha. Di Depok, Jawa Barat, ratusan pegawai pasaraya atau department store Ramayana dikabarkan mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).  .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]