Tim Gugus Tugas Pariaman Gandeng UKM Produksi Ratusan APD


Rabu, 01 April 2020 - 19:35:18 WIB
Tim Gugus Tugas Pariaman Gandeng UKM Produksi Ratusan APD Alat Pelindung (APD) ketika tiba di posko pemeriksaan COVID-19, di depan kantor Camat Pariaman Utara Kota Pariaman. Ist

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Dalam mengatasi keterbatasan Alat Pelindung Diri (APD), Pemko Pariaman melalui Tim Gugus Tugas penanganan wabah virus Corona atau Covid-19 memanfaatkan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di wilayah setempat untuk membuat alat tersebut.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pariaman, Azman mengatakan, APD itu ditempatkan di beberapa titik terutama pada posko-posko yang berada di perbatasan pintu masuk ke Kota Pariaman sebagai upaya bersiap-siaga yang sewaktu-waktu siap  digunakan oleh para petugas.

"Jumlah APD yang dibuat sebanyak 100 set terdiri dari baju dan celana sudah selesai dikerjakan," kata Azman, Rabu (1/4/2020).

Azman menyebutkan, pihaknya menggandeng UKM untuk membuat APD tersebut, namun terlebih dahulu disampaikan ke pelaku usaha terkait tata cara menjahitnya, bahan, bentuk, dan pola APD yang dijahit, agar sesuai standarnya.

"Biaya jahitnya Rp120 ribu per set dan sudah termasuk bahanya, APD dijahit langsung oleh salah seorang pelaku UKM, Feri (44 Tahun) di Desa Sungai Sirah," ujar Azman.

Lebih lanjut, kata Azman, tujuan dalam memesan dan menjahitkan APD ini sebagai upaya mengatasi keterbatasan dalam membeli dan mendapatkan APD tersebut.

Adapun posko-posko pemeriksaan Covid-19 bagi para perantau maupun pengunjung yang datang ke Kota Pariaman itu tersebar pada empat titik perbatasan kota, yaitu Desa Balai Kuraitaji dan Desa Pasir Sunur Kecamatan Pariaman Selatan, Desa Padang Birik-Birik depan kantor Camat Pariaman Utara, Dusun Sampan Desa Punggung Lading dekat jembatan sampan. (*)

 Editor : Tim

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]