Stok Beras di Pariaman Cukup untuk Tiga Bulan ke Depan


Rabu, 01 April 2020 - 20:55:02 WIB
Stok Beras di Pariaman Cukup untuk Tiga Bulan ke Depan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Padang Pariaman, Yurisman.

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Padang Pariaman, Yurisman menyatakan, ketersediaan pangan berupa beras di daerah itu mencukupi sampai 3 bulan ke depan.

Tingkat produksi masih baik, pada bulan Maret produksi beras/ padi sebanyak 12.855 ton, bulan April diprediksi 12.625 ton dan bulan Mei sebanyak 15.361 ton, total 40.841 ton.

"Sementara jumlah penduduk lebih kurang 450 ribu jiwa, kebutuhan akan beras sekitar 4.050 ton per bulan, jadi masih memiliki surplus beras yang terdistribusi pada para pedagang pengumpul/heler," kata Yurisman, Rabu (1/4/2020).

Pada situasi pandemi Corona ini, kata Yurisman, pertanian di daerah ini tetap berproduksi. Dia berharap petani tidak menjual semua hasil pertanianya, melainkan menyimpannya sebahagian untuk cadangan pangan keluarga.

"Selain itu masyarakat juga bisa memanfaatkan lahan pekarangan dengan tanaman, seperti cabe, terong, tomat, serai dan  kunyit, tanaman ini bisa pula membantu menggeliatkan perekonomian keluarga," sebut Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Padang Pariaman. (*)

 Editor : Tim
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]