Harganas Batal di Sumbar karena Corona, Ini Tanggapan Pemprov


Rabu, 01 April 2020 - 22:53:17 WIB
Harganas Batal di Sumbar karena Corona, Ini Tanggapan Pemprov Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Hari Keluarga Nasional dan Hari Anak (Harganas-Han)dibatalkan di tengah kekhawatiran penyebaran virus Corona atau Covid-19. Bedan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BkkbN) merilis pembatalan tersebut melalui Surat Edaran (SE) Nomor 289 IKK.01HARGANAS 27/F4/2020 tentang Pembatalan HARGANAS-HAN Tahun 2020 di Provinsi Sumatera Barat.

“Benar, kita sudah terima surat dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN),” sebut Gubernur Sumbar Irwan Prayitno melalui Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Privinsi Sumbar, Irwan.S.Sos, kemarin.

Alasan pembatalan tersebut, beber Irwan, karena adanya relokasi anggaran pada Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Relokasi dilakukan guna fokus anggaran dalam penanganan dampak covid-19.

“Karena kita sebelumnya ditunjuk. Kalau sudah dibatalkan, maka anggaran kita juga akan direlokasi," imbuh Irwan.

Lebih lanjut, sebut Irwan, dalam pelaksanaan Harganas Pemprov Sumbar hanya pendamping. Panitia utama tetap BKKBN Sumbar. Dengan itu tidak banyak anggaran yang dialokasikan untuk itu.

“Kalau kita di Sumbar alokasi anggarannya tersebar pada sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD)," ulas Irwan.

Di Sumbar anggaran pendukung rangkaian Harganas tersebar pada Disdukcapil, Pol PP, Biro Umim, Dinas Perdagangan dan Perhubungan. Jika ditotal, anggaran Harganas yang dialokasikan di APBD Prov Sumbar sekitar Rp2 miliar.

“Sekitar itulah (Rp2 miliar), tapi tersebar di sejumlah OPD," ujar Irwan.

Sebelumnya, Sumbar ditunjuk menjadi tuan rumah Harganas. Kegiatan itu digabung dengan hari anak. Pada pembukaan dijadwalkan akan hadir, Presiden Joko Widodo. Selain itu kegiatan ini akan menghadirkan sekitar 10 sampai 14 ribu orang. (*)

 Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]