Pandemi Corona, Polres Pasaman Gelar Aksi Bagi-bagi Masker


Kamis, 02 April 2020 - 13:24:11 WIB
Pandemi Corona, Polres Pasaman Gelar Aksi Bagi-bagi Masker Kapolres Pasaman, AKBP Hendri Yahya, saat memberikan edukasi kepada salah satu pengunjung RSUD Lubuksikaping tentang bahaya virus Covid-19 dan tata cara mencegahnya sesuai standar protokol kesehatan yang diberlakukan pemerintah, Kamis (2/4/2020).

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Jajaran Kepolisian Resor Pasaman, Sumatera Barat menggelar aksi bagi-bagi masker dan hand sanitizer sebagai bentuk kepedulian dan upaya menyemangati warga untuk tetap tabah dan waspada hadapi situasi pandemi wabah corona, di Lubuksikaping, Kamis (2/4/2020).

"Kegiatan dipusatkan di halaman Mapolres dan dilanjutkan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuksikaping untuk membagikan lembaran masker dan hand sanitizer," kata Kapolres Pasaman, AKBP Hendri Yahya, di sela-sela kegiatan yang diikuti seluruh kepala satuan dan sejumlah anggota polisi setempat.

Dia mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan kali kedua yang digelar pihaknya dengan total penyaluran mencapai seribu set masker dan cairan hand sanitizer. Menurutnya, masker dan cairan tersebut merupakan bantuan pribadi jajarannya dan sejumlah pihak yang memiliki kepedulian terhadap situasi saat ini, yang membutuhkan rasa persatuan dan kebersamaan selaku sesama anak bangsa.

"Masker dan hand sanitizer yang dibagikan merupakan produk hasil kreatifitas sendiri dengan melibatkan kelompok pelajar," ujarnya.

Untuk masker, lanjutnya, merupakan produk buatan para pelajar SMK Negeri 1 Lubuksikaping dan untuk hand sanitizer diproduksi secara mandiri oleh jajarannya dengan memanfaatkan campuran cairan alkohol dan beberapa lainnya sehingga tidak membutuhkan biaya yang mahal. 

Sementara itu, Direktur RSUD Lubuksikaping, dr Yong Marzuhaili, mengapresiasi gerakan yang dimotori kapolres pasaman tersebut. "Hingga saat ini memang kami kewalahan memenuhi peralatan standar protokol kesehatan yang dibutuhkan dalam penanganan wabah virus Covid-19," ungkapnya.

Untuk stok masker, lanjutnya, pihak RSUD hanya menyediakan untuk para tim medis dan pasien rawat inap, sementara untuk pengunjung dan pasien rawat jalan pihaknya hanya menyediakan sarana cuci tangan yang juga merupakan sumbangan pihak lain. Selain itu, pihaknya juga menerapkan prosedur jarak aman di ruang tunggu dan memasang spanduk imbauan agar tetap menggunakan masker selama berada dalam kawasan rumah sakit tersebut.

"Kami juga sudah membuka ruang bagi para pihak yang ingin membantu perlengkapan yang dibutuhkan, hingga saat ini sudah ada bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak 200 unit yang kami siagakan untuk menangani kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) atau jika ada kenaikan status menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP)," jelasnya. (*)

Reporter : Rully /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]