DPRD Padang Hibahkan Rp7,4 Miliar Bantu Warga Terdampak Corona


Kamis, 02 April 2020 - 13:36:09 WIB
DPRD Padang Hibahkan Rp7,4 Miliar Bantu Warga Terdampak Corona Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Ilham Maulana. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang siap melakukan pengawasan secara ketat pendistribusian bantuan sembako bagi warga yang terdampak wabah Covid-19 atau virus corona di daerah itu agar penyakirannya tepat sasaran.

"Bahkan kita sendiri membatalkan pembelian Mobil Dinas (Mobnas) untuk pimpinan dewan senilai Rp3,4 miliar untuk penanganan Covid-19 ini," kata Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Ilham Maulana, kemarin.

Tak hanya itu, Ilham menyebutkan, DPRD Kota Padang juga melakukan efesiensi dan pemangkasan beberapa kegiatan seperti perjalanan dinas dan bimbingan teknis (Bimtek) yang nilainya mencapai Rp4 miliar.

"Kesemua anggaran itu dihibahkan kepada Pemko Padang untuk pembeli kebutuhan pokok warga yang terdampak Covid-19 berupa sembako dan kebutuhan lainnya," ucap Ilham.

Dari dana tersebut, Politikus Partai Demokrat itu mengatakan, akan dibelikan kebutuhan pokok, yang nantinya akan diserahkan pada OPD terkait dan mekanisme pembagiannya melalui kecamatan masing-masing.

"Yang jelas koordinasi kita terkait hal ini akan terus dilakukan, agar sembako yang akan diterima warga tepat sasaran dan persoalan baru tak muncul setelah itu," ucap Ketua DPC Demokrat Padang ini.

Tsrkait kriteria dari penerima sembako itu, Ilham meminta, Pemko turun langsung ke lapangan dan koordinasi dengan Lurah, RW, RT siapa yang berhak menerima bantuan tersebut.

"Jangan warga yang berkecukupan diberi juga. Ini tak sesuai namanya," ucap Koordinator Komisi II DPRD Padang ini.

Terakhir, Ilham menegaskan, pihaknya akan mengawasi di lapangan bersama tim tentang pendistribusian sembako ke masyarakat. Pasalnya dia menginginkan sembako tersebut bisa diterima warga untuk meringankan beban mereka.

"Kita inginkan sembako yang akan diterima warga dapat meringankan bebannya akibat imbas Covid-19 yang terjadi," paparnya. (*)

Reporter : Milna /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]