PLN UIW Sumbar Resmi Luncurkan Rezeki Listrik Dunsanak Minang 2020


Kamis, 02 April 2020 - 17:05:01 WIB
PLN UIW Sumbar Resmi Luncurkan Rezeki Listrik Dunsanak Minang 2020 Konferensi pers via zoom aplikasi terkait peluncuran program Rezeki Listrik Dunsanak Minang 2020.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- PT. PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat (Sumbar) meluncurkan program "Rezeki Listrik Dunsanak Minang" pada 2020. Namun, di tengah pandemi Covid-19, peluncuran program tersebut melalui video conference via aplikasi zoom dan melibatkan banyak pihak, baik itu dari tim PLN UIW Sumbar, kantor cabang, vendor dan media. 

"Program Rezeki Listrik Dunsanak Minang ini sendiri sudah memasuki tahun ketiga dan digelar sebagai bentuk apresiasi terhadap pelanggan yang melakukan pembayaran sebelum tanggal jatuh tempo," kata General Manager PLN UIW Sumbar, Bambang Dwiyanto dalam sambutannya saat vicon.

Baca Juga : Konversi Bank Riau Kepri ke Bank Syariah, Disosialisasikan pada Nasabah non Muslim

Peluncuran program yang sukses digelar pada dua kali penyelenggaraan sebelumnya diluncurkan oleh Gubernur Sumbar yang diwakili Kepala Dinas ESDM Sumbar Hery Martinus serta dihadiri oleh Executive Vice President Operational Regional Sumatra, Supriyadi berikut dengan pimpinan UP3 PLN di seluruh Sumatra Barat.

Ditambahkan Bambang, ketentuan program ini berlaku bagi pelanggan umum PLB pasca bayar khusus yang melakukan pembayaran sebelum tanggal 20 setiap bulannya. Kemudian, juga ada 1 kupon undian bagi pelanggan pascabayar yang membayar maksimal tanggal 10 setiap bulan, lalu ada pula 1 kupon undian bagi pelanggan prabayar setiap pembelian Rp200 ribu.

Baca Juga : Ramadan dan Idul Fitri, BI Riau Siapkan Uang Tunai Rp 4,5 Triliun

Untuk hadiah utama adalah umroh bagi tiga pelanggan terpilih, tiga sepeda motor listrik, tiga televisi 43 inci, tiga kulkas, AC, tiga mesin cuci  dan tiga unit AC setengah PK. Tidak itu saja, juga ada hadiah 10 kompor induksi, 10 dispenser, 10 hair fryer dan 10 coffe maker. Pengumpulan undian ini dilakukan sejak 1 April hingga 30 Desember 2020 mendatang.

"Kita ketahui bahwa satu-satunya sumber pendapatan PLN adalah pembayaran rekening listrik yang dilakukan oleh pelanggan. Juga percepat penerimaan pajak penerangan jalan bagi pemerintah daerah. Makanya, masyarakat yang taat bayar, kita apresiasi dengan program ini," ujarnya.

Baca Juga : Pengembang Bangun Rumah di Lahan Fatsum, Warga Terus Lakukan Aksi Penolakan

Ia menyebutkan, ruangan lingkup program ini adalah seluruh pelanggan umum PLN yaitu golongan tarif rumah tangga bisnis industri dan sosial.
Untuk perhitungan point sebagai berikut, pelanggan yang membayarkan pada tanggal 1-5 setiap bulannya mendapatkan 20 point, bagi yang bayar pada tanggal 6-10 dapat 15 point, kalau bayar pada 11-15 dapat 10, dan bayar pada 16-20 hanya dapat 5 point.

"Point-point ini akan terkumpul dan setiap 30 point mendapat satu kupon. Maka pelanggan yang sudah mendapat kupon berhak mengikuti undian untuk mendapatkan hadiah menarik," lanjutnya.

Baca Juga : Investor China Bakal Buka Tambang Batu Bara

Sementara itu, Executive Vice President Operational Regional PLN Sumatera, Supriyadi menyampaikan apresiasi terhadap jajaran PLN di Sumatera Barat, karena di tengah wabah yang sedang melanda program tetap bisa jalan. Menurutnya, program Rezeki Listrik Dunsanak Minang merupakan langkah bagus dalam memberi penghargaan terhadap para pelanggan yang bayar rekening listrik tepat waktu.

Pihaknya sangat berharap dukungan dari pemerintah daerah agar program ini dapat tersampaikan ke masyarakat pelanggan PLN di Sumatera Barat sehingga semakin banyak pelanggan yang mengikuti program ini. Dia sangat mendukung sepenuhnya upaya dan inovasi yang dilakukan PLN Wilayah Sumbar, khususnya program aprersiasi pelanggan Rezeki Listrik Dunsanak Minang. 

"Ini program yang bermanfaat bagi semua pihak baik PLN, Pemda maupun masyarakat sendiri. Selain itu, PLN UIW Sumbar juga sudah menorehkan prestasi yang luar biasa,” kata Supriyadi.

Gubernur Sumbar dalam sambutannya seperti disampaikan Kepala Dinas ESDM Sumbar Hery Martinus juga mengapresiasi program rezeki listrik dunsanak Minang yang dilakukan oleh PLN UIW Sumbar sejak 2018 hingga tahun ini. Dalam situasi yang dihadapi saat ini, program PLN Sumbar untuk memberikan apresiasi terhadap pelanggan masih tetap bisa lanjut.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada PLN UIW Sumbar yang telah memberikan penghargaan kepada pelanggan yang membayar rekening listrik tepat waktu dan di awal waktu. Karena, pembayaran rekening listrik tepat waktu akan berdampak pada kemampuan PLN dalam mempertahankan pelayanan kepada pelanggan. 

"Selain itu, dengan pembayaran rekening listrik tepat waktu pajak penerangan jalan (PPJ) juga lebih cepat diterima untuk kelancaran pembangunan Sumbar," tambahnya kemudian. (*)

Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]