Wah! 180 Narapidana Dapat Asimilasi dari Kanwil Kemenkumham Sumbar


Kamis, 02 April 2020 - 17:24:09 WIB
Wah! 180 Narapidana Dapat Asimilasi dari Kanwil Kemenkumham Sumbar ilustrasi narapidana

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat sudah merilis sebanyak 180 narapidana di provinsi tersebut sudah keluar dari penjara usai menerima asimilasi di rumah. Hal ini dilakukan terkait kebijakan pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19 di Indonesia.

"Sejak Rabu hingga saat ini, narapidana yang mendapatkan asimilasi di rumah sebanyak 180 orang dan jumlah ini akan bertambah seiring proses yang masih berjalan," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumbar Budi Situngkir kepada sejumlah wartawan di Padang, Kamis (2/4/2020).

Baca Juga : Update Penularan Virus Corona di Sumbar, Pasien Positif: 443, Sembuh: 291, dan Meninggal Dunia: 9 Kasus

Data 180 narapidana itu pun sudah tersebar di beberapa Unit Pelaksana Teknis Kegiatan (UPT) Pemasyarakatan yang ada di Sumbar dengan rincian sebagai berikut; Rutan Padang sebanyak 20 orang, Lapas Padang 26 orang, Lapas Pariaman 6 orang, LP Payakumbuh 22 orang dan Rutan Lubuk Sikaping sebanyak 10 orang.

Kemudian, di Lapas Solok ada dua orang, Lapas Dharmasraya satu orang, Rutan Maninjau empat orang, Rutan Sawahlunto satu orang, Lapas Bukittinggi 65 orang, Rutan Painan 7 orang, Rutan Batusangkar 13 orang dan Lapas Alahan Panjang sebanyak tiga orang. Dia menyebut, pemberian asimilasi ini  adalah tindak lanjut dari instruksi Menkumham dalam rangka pencegaha penyebaran corona.

Baca Juga : Waduh! Masyarakat Batu Basa Tak Terapkan Prokes Saat Salat Idul Fitri

"Asimilasi ini diberikan kepada narapidana yang memenuhi syarat yakni, menjalani setengah dari masa pidananya dan narapidana yang berkelakuan baik," katanya.

Dia menambahkan, dalam kondisi normal, asimilasi sebenarnya juga bisa diberikan kepada warga binaan, namun karena kondisi di tengah pandemi corona ini, asimilasi dilakukan di rumah. Setelah nanti para narapidana menjalani dua pertiga masa hukuman, akan diberikan SK integrasi lewat pembebasan bersyarat, cuti bersyarat dan cuti jelang bebas.

Budi menyebut, narapidana yang mendapatkan asimilasi di rumah itu tetap akan dipantau oleh pihak Balai Pemasyarakatan (Bapas). Secara keseluruhan Kemenkumham memperkirakan ada sekitar 975 narapidana di Sumbar yang akan menerima asimilasi di rumah hingga Desember 2020. (*)

Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]