Lawan Corona, Kemendes Dorong Balai Desa Jadi Tempat Isolasi


Kamis, 02 April 2020 - 22:33:13 WIB
Lawan Corona, Kemendes Dorong Balai Desa Jadi Tempat Isolasi Foto: Dok Kemendes PDTT

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengeluarkan surat edaran agar Kepala Desa membentuk gugus tugas relawan desa melawan Covid-19 atau virus Corona.

Abdul Halim yang akrab disapa Gus Menteri itu juga telah mengeluarkan protokol relawan desa lawan Covid-19 yang didalamnya meminta agar menyiapkan tempat isolasi bagi warga apabila diperlukan.

"Ruang isolasi bisa di sekolah, tempat ibadah, balai desa atau rumah warga yang dipinjamkan," demikian penjelasan protokol yang dikeluarkan Gus Menteri, dilansir dari Kemendes PDTT, Rabu (1/4/2020).

Gus Menteri juga mengingatkan agar gugus tugas relawan desa lawan Covid-19 menyiapkan tersedianya sarana mandi, cuci dan kakus (MCK), serta tempat tidur dan keperluan lainnya yang layak.

"Ruang isolasi dimanfaatkan untuk Orang Dalam Pantauan (ODP) di desa setempat," imbuh mantan Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur tersebut.

Gus Menteri menegaskan, tidak ada karantina wilayah hanya saja isolasi rumah yang kebetulan tempatnya di balai-balai desa yang disiapkan gugus tugas relawan desa melawan Covid-19.

"Itu karena tidak semua warga desa punya cukup kamar di rumah. Gimana mau isolasi rumah kalau enggak ada kamar, solusinya gunakan gedung sekolah dasar dan balai desa, tinggal disekat-sekat utk kamar," tandas pria Kelahiran Jombang ini.

Sebelumnya, Kemendes PDTT Surat Edaran Nomor 8 tahun 2020 tertanggal 24 Maret 2020 tentang Desa Tanggap Corona dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa (PKTD). Didalamnya terdapat perintah pembentukan relawan desa dan memanfaatan dana desa untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Surat Edaran tersebut sekaligus merujuk pada instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk sama-sama memerangi pandemi global dan memperkuat perekonomian masyarakat desa ditengah-tengah wabah Covid-19. (*)

 Sumber : Kemendes PDTT /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 27 Mei 2020 - 16:21:59 WIB

    New Normal Adalah 'Bendera Putih' Pemerintah Lawan Corona

    New Normal Adalah 'Bendera Putih' Pemerintah Lawan Corona HARIANHALUAN.COM - Anggota Komisi V DPR Irwan mengkritisi terkait konsep new normal yang disampaikan pemerintah beberapa waktu lalu. Menurutnya pernyataan tersebut merupakan bentuk kekalahan rezim pada corona..
  • Senin, 25 Mei 2020 - 06:58:51 WIB

    Bukan Vaksin, Ini Satu-Satunya Cara Jitu Lawan Covid-19

    Bukan Vaksin, Ini Satu-Satunya Cara Jitu Lawan Covid-19 HARIANHALUAN.COM -- Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengungkap satu-satunya cara jitu yang dapat dilakukan untuk melawan pandemi Covid-19 sebelum vaksin ditemukan adalah menerapkan pola hidup .
  • Sabtu, 02 Mei 2020 - 20:23:41 WIB

    Said Didu Dibekingi Tim Advokat Dipimpin Purnawirawan TNI Lawan Luhut

    Said Didu Dibekingi Tim Advokat Dipimpin Purnawirawan TNI Lawan Luhut JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Eks Sekretaris BUMN Said Didu telah menunjuk kuasa hukum atas kasus pencemaran nama baik yang dilaporkan oleh Menko Maritim dan Investasi Luut Binsar Pandjaitan..
  • Jumat, 01 Mei 2020 - 15:42:38 WIB

    Ide Bagus Nih! Lawan Aturan PSBB, Pelaku Balap Liar Dicukur Gundul!

    Ide Bagus Nih! Lawan Aturan PSBB, Pelaku Balap Liar Dicukur Gundul! MAKASAR, HARIANHALUAN.COM -  Polrestabes Makassar memberikan sanksi tegas bagi pelaku balapan liar selama penerapan PSBB di Kota Makassar. Pelaku yang tertangkap melanggar akan digunduli oleh petugas kepolisian..
  • Ahad, 19 April 2020 - 18:36:33 WIB

    Ini Daftar Pejabat yang Relakan Gajinya untuk Lawan Corona

    Ini Daftar Pejabat yang Relakan Gajinya untuk Lawan Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Virus Corona telah memberikan dampak yang besar, tidak hanya bagi kesehatan namun juga perekonomian. Gara-gara virus ini, banyak orang telah kehilangan pendapatan hingga pekerjaannya. Sejumlah pej.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]