Kapolres Pasaman Pantau Posko Perbatasan Pemantauan Corona


Kamis, 02 April 2020 - 23:19:20 WIB
Kapolres Pasaman Pantau Posko Perbatasan Pemantauan Corona Kapolres) Pasaman AKBP Hendri Yahya meninjau kesiapsiagaan petugas posko penanganan Covid-19 yang berada di kawasan pintu gerbang perbatasan provinsi itu dengan Provinsi Sumatera Utara dan gerbang selatan yang merupakan pintu masuk dari wilayah provinsi Riau.

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Kepala Polisi Resor (Kapolres) Pasaman AKBP Hendri Yahya meninjau kesiapsiagaan petugas posko penanganan Covid-19 yang berada di kawasan pintu gerbang perbatasan provinsi itu dengan Provinsi Sumatera Utara dan gerbang selatan yang merupakan pintu masuk dari wilayah provinsi Riau, Kamis (02/04).

"Kegiatan masih terkait pelaksanaan Operasi Aman Nusa II guna menekan risiko penularan virus Covid-19 atau Corona, yang terbawa masuk seiring adanya gerakan perpindahan orang dan barang dari luar wilayah hukum Polres Pasaman," jelasnya di sela-sela tinjauannya di kawasan Muaro Cubadak, Kecamatan Rao.

Ia mengungkapkan, kawasan pintu gerbang utara dan selatan itu merupakan akses jalan yang cukup banyak dilalui penduduk yang akan melintasi wilayah Provinsi Sumatera Barat, sehingga diperlukan kesiapan personel dan infrastruktur pendukung lainnya sekaitan upaya cegah tangkal sebaran virus Covid-19.

"Dari hasil pengamatan saya, seluruh personel gabungan TNI/Polri, Dinas Pehubungan, Satpol PP dan petugas medis yang bertugas, seluruhnya dalam keadaan sehat dan tetap semangat menunaikan misi kemanusiaan meskipun hanya didukung peralatan seadanya," kata dia.

Terkait kendala yang dihadapi dilapangan, lanjutnya, ia bersama jajaran terkait lainnya segera menyampaikan ke pihak berwenang lebih tinggi agar bisa dilakukan percepatan untuk melengkapi segala fasilitas yang dibutuhkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan setempat, Afridansyah, mengungkapkan urusan pemantauan tapal batas antar provinsi sudah menjadi kewenangan pihak pemerintahan provinsi Sumatera Barat.

"Kami ditugaskan selaku perpanjangan tangan dan sejauh ini segala kendala yang ditemui sudah dilaporkan untuk ditindaklanjuti," jelasnya.

Ia menambahkan, sesuai laporan petugas lapangan yang diterimanya saat ini arus keluar masuk kendaraan yang melintasi daerah itu mencapai 100 unit lebih per hari untuk kendaraan roda empat saja dan ada sekitar 50 kendaraan dari arah selatan.

Menyikapi kondisi tersebut, lanjutnya, pihaknya telah membagi penugasan pemantauan menjadi tiga bagian waktu kerja guna mencegah risiko kelelahan bagi seluruh personel yang diterjunkan.

"Sejauh ini semuanya masih bisa diatasi meskipun dana yang dibutuhkan untuk itu masih bisa dikatakan sangat minim, karena masih ditanggulangi dari dana kas daerah," ungkapnya.

Terkait pembayaran uang saku bagi petugas tersebut, pihaknya menjamin akan segera dicairkan dalam waktu dekat ini, karena masih membutuhkan proses legalitas prosedur dalam memanfaatkan dana kas negara.

"Karena ini situasi bencana, diperkirakan akan dibayarkan secara tunai guna memangkas prosedur pencairan agar lebih cepat, namun semuanya masih menunggu keputusan dari pihak dinas teknis yang menangani hal tersebut," jelasnya.

Disinggung tentang masih adanya keluhan petugas tentang minimnya penerangan dan ketersediaan air bersih, ia mengaku sudah mengoordinasikannya ke pihak PLN dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat.

"Untuj penerangan memang belum ada respon dari pihak PLN Ranting Lubuksikaping, sementara untuk air bersih untuk pos utara sudah mampu diatasi dan pos selatan terjadi kesalahan pemasangan sehingga belum berfungsi maksimal," terangnya.(*)

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 20 Mei 2020 - 20:17:14 WIB

    Bupati Padang Pariaman Sambut Kapolres Baru

    Bupati Padang Pariaman Sambut Kapolres Baru HARIANHALUAN.COM - Bupati Padang Pariaman Drs. Ali Mukhni menghadiri acara Pisah Sambut Jabatan Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Padang Pariaman dan Pariaman pada Rabu (20/5) di Hall Kantor Bupati Padang Pariaman..
  • Rabu, 13 Mei 2020 - 04:17:03 WIB

    Kompol Abdurahman Suryanegara Resmi Jadi Wakapolres Solok Selatan

    Kompol Abdurahman Suryanegara Resmi Jadi Wakapolres Solok Selatan Jabatan Wakapolres Solok Selatan (Solsel) Kompol Ediwarman resmi berganti. Jabatan Wakapolres yang dipegangnya digantikan Kompol Abdurahman Suryanegara. Serah terima jabatan (Sertijab) dipimpin Kapolres Solsel AKBP Imam Yulis.
  • Selasa, 12 Mei 2020 - 23:13:29 WIB

    Kapolres Pessel Minta Semua Pihak Awasi Penyaluran BLT

    Kapolres Pessel Minta Semua Pihak Awasi Penyaluran BLT Kapolres Pessel AKBP Cepi Noval meminta wali nagari agar bisa transparan dalam penyaluran BLT, kemudian memasang pengumuman para penerima pada papan informasi sehingga bantuan BLT tersebut tepat sasaran kepada masyarakat  ya.
  • Jumat, 01 Mei 2020 - 20:42:41 WIB

    Wakapolda, Karo Ops dan Enam Kapolres di Sumbar Berganti

    Wakapolda, Karo Ops dan Enam Kapolres di Sumbar Berganti PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Rotasi atau pergantian jabatan di Polda Sumbar kembali bergulir. Kali ini adalah jabatan Wakapolda Sumbar, Karo Ops dan 6 Kapolres di lingkungan Polda Sumbar. .
  • Kamis, 30 April 2020 - 18:02:31 WIB

    Wakapolres Pessel Pantau Tiga Pospam Operasi Ketupat Singgalang 2020

    Wakapolres Pessel Pantau Tiga Pospam Operasi Ketupat Singgalang 2020 PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Polres Pesisir Selatan saat ini mempersiapkan Pos Pengamanan (Pospam) Operasi Ketupat Singgalang 2020 untuk memantau kendaraan keluar masuk daerah perbatasan pada beberapa titik di Kabupaten Pesisi.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]