Kemenag Bagikan 200 Liter Ethanol untuk RS Haji dan UIN


Kamis, 02 April 2020 - 23:28:42 WIB
Kemenag Bagikan 200 Liter Ethanol untuk RS Haji dan UIN Tim Gugus Kemenag menyerahkan ethanol untuk RS Haji dan UIN. Foto: Kemenag RI

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menag Fachrul Razi meminta Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Covid-19 untuk bergerak cepat membantu penanganan wabah Corona. Menag juga mendorong untuk mengoptimalkan sinergi Kemenag, Baznas, BPKH, dan BWI dalam menggerakan Zakat, Infak, Sadaqah, dan Wakaf (Ziswaf) untuk membantu sesama.

Sehubungan itu, Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Covid-19 Kementerian Agama terus melakukan upaya membantu tim medis di RS Haji Jakarta dan RS Syarif Hidayatullah Ciputat. Gugus tugas ini gabungan dari tim Kementerian Agama, Baznas, BPKH, dan BWI.

Terbaru, anggota tim Gugus Tugas yang berasal dari Baznas menyerahkan bantuan BPKH ke RS Haji Jakarta dan RS Syarif Hidayatullah. Bantuan yang diberikan berupa ethanol 96% dan ethanol 70%.

"Total ada 200 jerigen, dengan rincian untuk RS Haji Jakarta sebanyak 120 jerigen sedangkan untuk RS Syarif Hidayatullah 80 jerigen," terang Sekretaris Baznas Jaja Jaelani di Jakarta, dilansir dari Kemenag RI, Kamis (2/4/2020).

"Bantuan diserahkan langsung oleh Kepala Lembaga Rumah Sehat BAZNAS dr. Reza Ramdhoni kepada perwakilan masing-masing Rumah Sakit," sambungnya.

Jaja berharap bantuan ethanol ini dapat bermanfaat untuk RS Haji dan RS Syarif Hidayatullah, khususnya dalam menangani pasien covid-19. Menurutnya, sesuai arahan Menag Fachrul Razi, sebagai bagian dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kemenag, Baznas akan mempercepat pengiriman kebutuhan RS Haji Jakarta dan RS Syarif Hidayatullah. "Begitu  barang yang dipesan dari distributor sampai, langsung kami kirim ke rumah sakit," tegasnya.

Sebelumnya, Baznas juga telah mengirimkan bantuan berupa Alat Pelindung Diri dan uang tunai ke kedua rumah sakit binaan Kemenag tersebut. Jaja Jaelani memastikan bahwa Baznas telah memesan perangkat yang menjadi kebutuhan dan diusulkan RS Haji dan RS Syarif Hidayatullah. Kebutuhan itu antara lain berupa baju hazmat, masker bedah, masker N-95, kacamata pelindung, jas bedah disposible, baju cover all, sarung tangan, face shield, sepatu boot, dan alkohol.

"Saat ini kami sedang menunggu kiriman dari distributor," tandasnya. (*)

 Sumber : Kemenag RI /  Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 22 Januari 2020 - 19:43:06 WIB

    MUI Jabar Tolak Wacana Khotbah Salat Jumat Diatur Kemenag

    MUI Jabar Tolak Wacana Khotbah Salat Jumat Diatur Kemenag BANDUNG,HARIANHALUAN.COM- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat menolak k wacana Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandung yang akan mengatur naskah khotbah Salat Jumat. MUI menilai aturan tersebut adalah tindakan pengekan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]