Kabar Baik! Kemenag Buka Beasiswa 5.000 Doctor


Kamis, 02 April 2020 - 23:36:47 WIB
Kabar Baik! Kemenag Buka Beasiswa 5.000 Doctor Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam telah membuka program beasiswa unggulan yaitu "Integrated Master-Doctor (IMD)” atau Program Magister Lanjut Doktor Luar Negeri. Pendaftaran beasiswa yang merupakan inovasi program 5000 Doktor ini, dibuka mulai tanggal 26 Maret hingga 31 Mei 2020.

Hal ini disampaikan Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Arskal Salim di Jakarta. “IMD merupakan inovasi program baru dari skema beasiswa 5000 Doktor Luar Negeri yang telah diluncurkan pada Desember tahun 2019 lalu," kata Arskal, dilansir dari laman resmi Kemenag RI, Kamis (2/4/2020).

Arskal menerangkan bahwa IMD adalah program pendidikan jenjang magister (S-2) dilanjutkan ke jenjang Doktor (S-3) nonstop, yang ditujukan bagi sarjana baru (fresh graduate) berprestasi. 

“Pendidikan dilaksanakan selama 4,5 tahun dengan rincian 1,5 tahun untuk jenjang magister dan 3 tahun untuk jenjang Doktor. Lulusan program ini akan mendapatkan dua ijazah sekaligus, yaitu ijazah magister dan doctor,”terangnya. 

Arskal menuturkan, program yang menyasar para sarjana baru alumni Perguruan Tinggi Agama Islam (PTKI) ini, bertujuan untuk meningkatkan kualifikasi sumber daya manusia (SDM) dilingkungan PTKI. 

Menurut Arskal, selama mengikuti pendidikan, peserta mendapatkan beasiswa penuh dari Kementerian Agama RI berupa biaya pelatihan Bahasa dan Akademik pra keberangkatan, termasuk biaya hidup selama pelatihan, dan biaya keberangkatan yang terdiri dari tiket pulang pergi, visa, dan biaya penyesuaian hidup. 

Selain itu, juga diberikan biaya perkuliahan penuh, termasuk biaya pendaftaran universitas, dan biaya hidup seperti kebutuhan harian. Penerima beasiswa juga mendapat bantuan tempat tinggal, asuransi kesehatan serta biaya pengembangan akademik. "Biaya pengembangan akademik ini meliputi bantuan penelitian, bantuan biaya publikasi ilmiah, dan bantuan pembelian buku," jelas Arskal. 

Lebih lanjut, Arskal mengatakan pendaftar yang terpilih menjadi penerima beasiswa (awardee) setelah selesai pendidikannya harus kembali ke Indonesia dan bersedia mengabdi pada PTKI.

Untuk mengikuti seleksi program ini, calon peserta dapat mendaftar dan mengirimkan persyaratan tersebut di atas melalui laman: http://scholarship.kemenag.go.id mulai tanggal 26 Maret hingga 31 Mei 2020. Informasi lebih lanjut calon peserta dapat menghubungi WA Center 5000 Doktor Luar Negeri 081287813031 atau email [email protected] (*)

 Sumber : Kemenag RI /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 17 April 2020 - 15:00:21 WIB

    Ada Kabar Gembira buat Guru Honorer, Cek di Sini Kuy!

    Ada Kabar Gembira buat Guru Honorer, Cek di Sini Kuy! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pencairan gaji guru honorer yang bersumber dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dipermudah selama pandemi virus Corona (COVID-19). Kemendikbud menghapus ketentuan Nomor Unik Pendidik dan Ten.
  • Ahad, 29 Maret 2020 - 16:37:50 WIB

    Kabar Baik! Aplikasi Pelacak Corona Buatan PNP Sudah Bisa Didownload

    Kabar Baik! Aplikasi Pelacak Corona Buatan PNP Sudah Bisa Didownload PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Tim Techno Center Politeknik Negeri Padang (PNP) menciptakan aplikasi Rekam Jejak Covid-19 yang bisa digunakan untuk melacak penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Sumbar. Bahkan saat ini aplikas.
  • Rabu, 04 Maret 2020 - 18:08:30 WIB

    Kabar Gembira! Politeknik Negeri Padang Perpanjang Pendaftaran Mahasiswa Baru KIP

    Kabar Gembira! Politeknik Negeri Padang Perpanjang Pendaftaran Mahasiswa Baru KIP PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Politeknik Negeri Padang (PNP) membuka kesempatan kepada seluruh lulusan SMA atau sederajat yang berminat mendaftar menjadi penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). Kesempatan tersebut berla.
  • Jumat, 14 Februari 2020 - 17:10:25 WIB

    Kabar Gembira..! Program Beasiswa S2 Dalam Negeri Dibuka Maret

    Kabar Gembira..! Program Beasiswa S2 Dalam Negeri Dibuka Maret PADANG, HARIANHALUAN.COM- Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika (Balitbang SDM Kemenkominfo) baru saja melaksanakan kegiatan Sosialisasi Program Beasiswa S2 Dalam Negeri .
  • Selasa, 24 Desember 2019 - 08:31:10 WIB

    Kabar Gembira..! Nadiem Bakal Sisir Sekolah Rentan Roboh Awal 2020

    Kabar Gembira..! Nadiem Bakal Sisir Sekolah Rentan Roboh Awal 2020 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan pemerintah bakal memeriksa sekolah-sekolah yang kondisi fisiknya perlu diperbaiki pada 2020. Usai pendataan, Nadiem men.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]