Begini Cara Dapatkan Keringanan Tagihan Listrik Bagi Pelanggan Rumah Tangga 450 VA dan 900 VA Subsidi


Kamis, 02 April 2020 - 23:42:31 WIB
Begini Cara Dapatkan Keringanan Tagihan Listrik Bagi Pelanggan Rumah Tangga 450 VA dan 900 VA Subsidi Leaflet pembebasan biaya tarif listrik

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo terkait pembebasan biaya tarif listrik bagi konsumen rumah tangga 450 Volt Ampere (VA) dan pemberian keringanan tagihan 50% kepada konsumen rumah tangga bersubidi 900 VA. PLN telah menyiapkan mekanisme atau cara mendapatkan program tersebut. 

Untuk pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar akan langsung dibebaskan tagihannya pada bulan April, Mei dan Juni. Sementara untuk pelanggan pra bayar dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id  Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir. 

Sedangkan diskon tarif untuk pelanggan subsidi 900 VA bagi pelanggan pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada tiap bulannya akan dikurangi 50%. Sementara bagi pelanggan prabayar, token listrik gratis sebesar 50% akan diberikan kepada pelanggan, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Dan berikut mekanisme pengambilan token gratis untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan diskon 50% untuk Pelanggan Rumah Tangga daya 900 VA bersubsidi. 

Mekanisme website dengan cara: 
1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19
2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Atau anda juga bisa mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123. Dengan cara :
1. Buka Aplikasi WhatsApp
2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
3. Token gratis akan muncul
4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Dengan ID Pelanggan tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Saat ini ada sekitar 24 juta data pelanggan rumah tangga 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem. Proses ini akan tuntas dalam sepekan ke depan. sehingga seluruh pelanggan yang digratiskan dan mendapatkan diskon sudah dapat terlayani seluruhnya.

"Proses pembagian Token Bebas Tagihan dan Diskon Tarif Listrik ini memang bertahap, yang sudah dimulai pada tanggal 1 april, paling lambat tanggal 11 april seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program tersebut," ungkap Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka. 

Kebijakan pemberian keringanan tagihan listrik ini sebagai bentuk kehadiran negara dalam membantu perekonomian masyarakat miskin dan tidak mampu. 

"Ini bukti PLN bersama Pemerintah siap hadir di setiap kondisi," tutup Made.(*)

 Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 28 Mei 2020 - 23:52:45 WIB

    Tiru Yuk, Begini Konsep Wisata MICE Bali untuk Hadapi 'New Normal'

    Tiru Yuk, Begini Konsep Wisata MICE Bali untuk Hadapi 'New Normal' HARIANHALUAN.COM - Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mengatakan dalam menghadapi era "New Normal/Normal Baru", daerah setempat harus mampu berinovasi, termasuk menawarkan konsep MICE di ruang terbuka..
  • Rabu, 27 Mei 2020 - 15:40:28 WIB

    Begini Cara Foto Meteran Listrik PLN yang Benar

    Begini Cara Foto Meteran Listrik PLN yang Benar HARIANHALUAN.COM - Para pelanggan PLN diminta untuk mengirimkan foto stand meter secara mandiri selama pandemi Corona (COVID-19). Hari ini merupakan terakhir batas waktu pelanggan mengirimkannya ke pihak PLN lewat nomor Whats.
  • Rabu, 20 Mei 2020 - 21:31:44 WIB

    Astaga! Permainan Kotor Harga Gula Terbongkar, Begini Modusnya

    Astaga! Permainan Kotor Harga Gula Terbongkar, Begini Modusnya HARIANHALUAN.COM - Distributor gula di Kabupaten Malang, Jawa Timur yakni PT PAP terbongkar melakukan permainan dalam menjual gula. Hal itu diungkapkan oleh Direktorat Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kementerian.
  • Jumat, 08 Mei 2020 - 19:52:46 WIB

    Pemerintah 'Bokek' Gara-gara Corona? Begini Tanggapan Sri Mulyani

    Pemerintah 'Bokek' Gara-gara Corona? Begini Tanggapan Sri Mulyani JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membantah rumor yang beredar di publik bahwa pemerintah pusat tidak memiliki dana karena kebutuhan penanganan pandemi virus corona atau covid-19. Ia mengklaim.
  • Rabu, 06 Mei 2020 - 20:33:08 WIB

    Sedih... Begini Isi Curahan Hati Sri Mulyani Soal Bansos

    Sedih... Begini Isi Curahan Hati Sri Mulyani Soal Bansos JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah sudah mengantisipasi pertumbuhan ekonomi pada 2020 dengan skenario sangat berat hingga minus 0,4%. Pasalnya, bantuan sosial pun tidak bisa membantu penurunan konsumsi yang terjadi di mas.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]