Isolasi Mandiri Tak Efektif, Gubernur Sumbar: Segera Lakukan Sampel Swab ODP


Jumat, 03 April 2020 - 06:15:16 WIB
Isolasi Mandiri Tak Efektif, Gubernur Sumbar: Segera Lakukan Sampel Swab ODP Ilustrasi isolasi mandiri di rumah.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno meminta Bupati/Walikota pro aktif dalam penanganan virus Corona atau Covid-19. Jika ada Dinas Kesehatan yang tidak melakukan apa-apa terhadap perkembangan penyebaran virus tersebut di daerah masing-masing harus diberi teguran.

"Dalam percepatan antisipasi penyebaran covid-19, agar segera melakukan pengambilan sampel swab dari Orang Dalam Pantauan (ODP) di daerah masing-masing," kata Irwan, kemarin.

Begitu pula Dinas kesesehatan atau Tim Penanganan Covid19 masing-masing Kabupaten/Kota, kata Irwan, harus pro aktif mencari orang yang ODP agar secepatnya diambil sampel swabnya, untuk segera diperiksa di laboratorium Universitas Andalas (Unand).

"OPD berpeluang besar kemana-mana dalam menyebarkan virus corona kepada masyarakat lainnya, karena belum jelas positif atau negatif," ungkap Irwan.

Melalui uji coba sampel di laboratorium Unand, sebut Irwan, dalam waktu tiga hari sudah dapat melihat hasilnya. Ini tentu salah satu kekuatan besar bagi Sumbar dalam melakukan percepatan pencegahan penyebaran covid 19 di provinsi itu.

“Kita saat ini memiliki kekuatan di labor Fakultas Kedokteran Unand, sebagai upaya percepatan antisipasi penyebaran covid 19 di Sumbar. Kita khawatir ada Alien atau Carier pembawa virus ia mungkin memiliki imun akan tetapi bisa berpindah kepada orang lain terkena karena memiliki imun yang lemah," ulas Irwan.

Gubernur juga tegaskan telah mengirim VTM sebagai wadah sampel swab kepada semua rumah sakit rujukan, jika kurang bisa ditambahkan segera. Jangan ODP dibiarkan begitu saja, isolasi 14 hari dirumah kadang kurang efektif karena secepat lakukan pemerikasa swabnya.

"Jika perlu yang bersangkutan segera melaporkan ke rumah sakit daerah setempat," tukasnya. (*)

Reporter : Milna /  Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]