Mengenal Robot Pelayan Pasien Corona, Bisa Diajak Bicara


Jumat, 03 April 2020 - 06:48:14 WIB
Mengenal Robot Pelayan Pasien Corona, Bisa Diajak Bicara Robot pelayanan pasien corona. Foto: Kompas.com

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Sebuah robot khusus untuk melayani pasien positif corona dirancang oleh tim dari Universitas Airlangga ( Unair) dan Institut Teknologi Sepuluh November ( ITS) Surabaya.

Dilansir dari Kompas.com, Jumat (3/4/2020, Robot ini pernah dibuat oleh ITS, kemudian tim memodifikasinya kembali. Robot yang akan diluncurkan dua pekan mendatang tersebut diproyeksi mampu meringankan pekerjaan tim medis dalam menangani corona.

Ide perancangan robot salah satunya bertujuan mengurangi kontak tenaga medis dengan pasien positif corona. Dengan demikian, potensi penularan pun dapat diminimalkan. Tugas robot ini adalah mengirim obat, makanan dan pakaian kepada pasien

Rektor Unair, Mohammad Nasih mengatakan, robot ini diharapkan bisa sangat membantu tenaga medis. Ia berharap angka penularan Covid-19 terhadap tenaga medis dapat ditekan.

"Karena angkanya juga terus bertambah. Sehingga kami berkomitmen menekan jumlahnya. Setidaknya menekan jumlah dokter dan tim medis yang tertular," kata dia.

Menghemat APD

Tak hanya mengurangi kontak tenaga medis, robot ini juga diproyeksi mampu mengurangi penggunaan alat pelindung diri (APD). Sebab, petugas medis bisa mengontrol robot, bahkan melalui ponsel, tanpa perlu menggunakan APD.

Anggota tim pembuatan robot dari Rumah Sakit Unair Niko Azhari Hidayat mengatakan, robot juga dilengkapi monitor yang memungkinkan komunikasi dua arah antara tenaga medis dan pasien positif.

Launching 2 pekan lagi

"Nantinya ada tim operator yang mengendalikan robot ini dari control room," kata dia.

Robot tersebut saat ini sudah bisa berputar, berkeliling dan berjalan sesuai petunjuk operator. Niko menjelaskan, robot tersebut akan segera diluncurkan.

"Sekitar 2 pekan ke depan, robot akan di-launching, sekarang masih tahap penyempurnaan," kata dia.

Untuk tahap awal satu unit robot yang dibuat dan diuji cobakan. Selanjutnya, tim akan membuat beberapa unit robot lagi. (*)

 Sumber : Kompas.com /  Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]