Anggota DPRD Pasaman Sumbang APD untuk Tenaga Medis


Jumat, 03 April 2020 - 17:13:01 WIB
Anggota DPRD Pasaman Sumbang APD untuk Tenaga Medis Anggota DPRD Pasaman, Welly Suhery saat menyerahkan sepuluh set APD kepada tenaga medis di Puskesmas Lubuk Sikaping (Ist)

PASAMAN,HARIANHALUAN.COM - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasaman, dari fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Welly Suhery, menyumbangkan sebanyak 10 set Alat Pelindung Diri (APD) untuk dimanfaatkan petugas medis daerah itu dalam menjalankan misi kemanusiaan hadapi pandemi virus Covid-19.

"Ini merupakan bentuk keprihatinan dan kepedulian saya terhadap profesi tenaga medis yang berjuang di garis terdepan dalam mencegah penyebaran virus Covid-19," kata dia di Lubuksikaping, Jumat (03/04).

Ia mengungkapkan, bantuan tersebut sudah diserahkan kepada petugas medis yang siaga bertugas di Puskesmas setempat, dan pihaknya masih menunggu kedatangan barang pesanan sejenis dengan jumlah 25 set, yang menurutnya sudah sebulan dipesan tapi belum dikirim.

"Jika pesanan sudah datang, barang tersebut akan didistribusikan kepada seluruh bidan desa yang berada dalam gugus tugas Puskesmas Lubuksikaping dan Puskesmas Sundatar, sehingga keselamatan tenaga medis kita bisa terjaga dengan lebih baik," ucapnya.

Menurutnya, pelaksanaan standar protokol penanganan pasien diduga terjangkit virus Covid-19 atau corona oleh paramedis, harus ditunjang dengan peralatan yang memadai dan perlindungan diri yang maksimal.

Jika tidak,lanjutnya, risiko penularan akan semakin besar mengingat intensitas kegiatan mereka yang juga padat dan memiliki keluarga dirumah.

"Upaya mereka wajib kita apresiasi, meskipun dengan peralatan seadanya namun tetap mampu menjalankan fungsi pelayanan publik walau harus mengganti APD dengan jas hujan kualitas rendah," ungkapnya.

Senada, anggota DPRD lainnya dari Fraksi Gerindra, Rahmi Wahidah, menilai standar keselamatan tenaga medis ditengah situasi pandemi virus Covid-19, sangatlah berisiko dan harus menjadi perhatian bersama.

Ia mengungkapkan, secara pribadi sangat menyesalkan lambannya pihak pemerintah daerah itu dalam menindaklanjuti tahapan protokol tanggap darurat yang sudah ditetapkan pemerintah pusat.

"Saya merasa prihatin ditengah tingginya kekhawatiran masyarakat  ikut terpapar virus tersebut, sementara tenaga medis belum ditopang APD yang lengkap agar mereka nyaman dan siap menangani pasien. Kalau kondisi ini berlarut jelas sangat beresiko bagi diri mereka sendiri," tegasnya.

Ia mengatakan, sebagai wujud kepedulian terhadap sesama serta demi menjaga semangat kerja tenaga medis di daerah itu, ia mengaku sudah memesan sebanyak 25 set APD untuk disalurkan secepatnya. (*)
 

Reporter : Rully /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]