8 Dokter Gigi Tertular Corona dari Pasien yang Tak Miliki Gejala


Sabtu, 04 April 2020 - 09:48:07 WIB
8 Dokter Gigi Tertular Corona dari Pasien yang Tak Miliki Gejala Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Penularan virus corona ternyata tak hanya terjadi kepada dokter atau tenaga medis yang menangani pasien COVID-19. Pemerintah mencatat ada delapan orang dokter gigi yang tertular virus tersebut.

Kepala Gugus Tugas Penanganan COVID-19, Letjen Doni Monardo, mengungkapkan dokter gigi itu mengobati pasien sakit gigi. Tak disadari pasien tersebut terjangkit virus corona, namun tanpa gejala.

Baca Juga : Berikut Deretan Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Kesehatan Otak

"Yang sangat berbahaya adalah orang tanpa gejala. Delapan dokter gigi kita tertular dari pasien yang berobat. Padahal mereka bukan pasien COVID-19, tapi periksa gigi," ungkap Doni saat mengikuti rapat kerja secara virtual bersama DPR, Kamis (2/4).

Oleh karena itu, ia kini mewajibkan seluruh dokter menggunakan alat perlindungan diri (APD) yang sesuai standar medis.

Baca Juga : 5 Makanan yang Harus Dihindari saat Sahur, Apa Saja?

"Kami mewajibkan seluruh dokter untuk gunakan APD berstandar. Hanya dengan itu mereka bisa kita berikan perlindungan," ujar Doni.

Sejalan dengan itu, ia menegaskan pemerintah akan terus berupaya memenuhi kebutuhan APD bagi tenaga medis. Pemerintah sudah mendistribusikan APD ke sejumlah wilayah yang terdapat penyebaran COVID-19.

Baca Juga : Efek Samping? Siklus Menstruasi Berubah Usai Vaksin COVID-19

"Seluruh provinsi di Indoensia telah menerima APD. Yang terkecil menerima sekitar 5 ribu unit, dan yang paling besar di DKI sebesar 85 ribu unit," ucap Doni.

"Untuk APD, akan terus kami tingkatkan jumlahnya. Karena walau sekarang sudah terpenuhi, bisa jadi 3-4 hari stok di RS akan berkurang cepat," imbuhnya.(*)

Baca Juga : IDI Sebut Vaksin Buatan Cina Masih Layak Digunakan, Ini Alasannya

Editor : NOVA | Sumber : today.line.me
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]