Unik! Polisi Berhelm Corona Razia Warga Keluyuran saat Lockdown


Sabtu, 04 April 2020 - 12:32:35 WIB
Unik! Polisi Berhelm Corona Razia Warga Keluyuran saat Lockdown Inspektur Polisi Rajesh Babu berhelm virus Corona memperingatkan warga yang keluyuran di saat lockdown. Foto: AFP via The Sun

INDIA, HARIANHALUAN.COM -- Polisi di India mempunyai cara unik nan nyentrik untuk memperingatkan warganya yang masih bandel keluyuran di tengah kebijakan lockdown.

Adalah Inspektur Rajesh Babu, nama anggota polisi tersebut. Ia mengenakan helm berwujud virus Corona dan aktif berpatroli di jalan-jalan India demi mencegah dan memperingatkan orang-orang ke luar rumah.

Dilansir dari Teknologi.id (Haluan Media Group), Sabtu (4/4/2020), helm berwarna merah dengan duri-duri besar menyeramkan layaknya gambar mikroskopis dari virus corona tersebut untuk menunjukkan pada warga bahwa ancaman penyebaran virus Corona (COVID-19) sangatlah serius, sehingga tetap berada di rumah sebisa mungkin akan sangat membantu.

"Kami sudah berbicara kepada warga, tapi kesadaran mereka masih sangat rendah. Dari situlah kemudian kami berpikir untuk membuat sesuatu yang berbeda," ujar Rajesh.

Senada dengan pernyataan Rajesh, seniman sang pembuat helm Corona tersebut, B. Gowtham, mengaku prihatin dengan kesadaran warga yang menyepelekan kebijakan pemerintah.

"Pemerintah sudah memberlakukan larangan untuk keluar tapi tetap saja kami melihat orang-orang keluar dan tanpa memakai peralatan yang aman, mereka juga tidak memakai masker," ujar Gowtham.

Ia merasa orang-orang tak menganggap serius karena virus itu tak kasat mata. Karena itu, ia menciptakan helm tersebut agar orang-orang bisa melihat gambaran soal bentuk virus Corona. "Mereka akan ketakutan," kata Gowtham. (*)

Editor : Milna | Sumber : Haluan Media Group
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]