3 Provinsi Ini Rentan Terhadap Virus Corona


Sabtu, 04 April 2020 - 16:33:29 WIB
3 Provinsi Ini Rentan Terhadap Virus Corona Pemeriksaan suhu tubuh.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Katadata Insight Center (KIC) mengeluarkan hasil riset terbaru yaitu Indeks Kerentanan Provinsi terhadap virus corona atau Covid-19. Hasilnya, ada tiga provinsi di Indonesia, yaitu DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat paling rentan terhadap pandemi tersebut.

Dilansir dari Warta Ekonomi (Haluan Media Group), berdasarkan dari riset tersebut, dari sisi layanan kesehatan terhadap jumlah penduduk, Jakarta dinilai paling baik. Berbeda dengan Jawa Barat dan Banten yang tidak didukung layanan kesehatan memadai.

Dijelaskan, indeks ini terdiri dari tiga sub-indeks. Pertama, risiko terkait dengan karakteristik daerah, seperti kepadatan penduduk, kualitas udara, dan akses terhadap hunian layak.

Kedua, risiko terkait dengan kondisi kesehatan penduduk. Seperti jumlah penduduk yang merokok, jumlah warga lanjut usia, dan warga yang tidak mempunyai jaminan kesehatan. Ketiga, risiko terkait dengan mobilitas penduduk.

Dijelaskan, ketiga provinsi itu menanggung risiko terpapar Corona paling tinggi karena memiliki mobilitas penduduk yang tinggi, karakteristik wilayah dengan penduduk padat dan kualitas udara yang buruk.

"Lalu lintas penduduk yang tinggi membuat tiga provinsi tersebut menjadi rentan terhadap penyebaran Covid-19 ," ujar Direktur Riset Katadata Mulya Amri dikutip dari keterangannya.

Menurut Mulya, tiga daerah itu mendapatkan skor yang hampir berdekatan  karena terkait dalam kawasan Megapolitan Jabodetabek. Kawasan ini menampung lebih 10 persen jumlah penduduk Indonesia dalam kepadatan mendekati 5.000 orang per km persegi.

Skor ketiga provinsi ini juga jauh lebih tinggi daripada skor provinsi yang paling rentan berikutnya, yaitu Kepulauan Riau. Menurut Mulya, indeks kerentanan ini dapat menjadi referensi bagi pemerintah dalam mengambil kebijakan untuk menekan penyebaran virus tersebut di tengah masyarakat.

Untuk provinsi dengan tingkat mobilitas tinggi dan padat penduduk yaitu DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat, lanjutnya, penanganannya lebih tepat adalah dengan physical distancing (jaga jarak fisik) dan pembatasan aktivitas di luar rumah.

Sebagai pembanding, Katadata Insight Center juga memetakan kondisi layanan kesehatan provinsi dalam menghadapi COVID-19. Parameter yang digunakan yaitu keberadaan fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan per penduduk, serta anggaran kesehatan yaitu besarnya APBD untuk fungsi kesehatan per kapita.

Provinsi-provinsi dengan layanan kesehatan paling baik relatif terhadap jumlah penduduknya adalah DKI Jakarta, Sulawesi Utara, dan Papua Barat. Sebaliknya, Jawa Barat dan Banten yang merupakan provinsi dengan kerentanan tinggi terhadap COVID-19, ternyata tidak didukung oleh layanan kesehatan yang memadai. 

"Ini akan menjadi tantangan bagi provinsi-provinsi tersebut dalam menghadapi COVID-19," kata Mulya.

Lebih lanjut menurutnya, adanya keunikan pada provinsi-provinsi dengan layanan kesehatan terendah. Yaitu, Jawa Barat, Lampung, dan Banten, yang notabene bukan provinsi miskin. 

"Tapi, karena memiliki jumlah penduduk yang besar, provinsi-provinsi ini berpotensi mengalami tekanan pada anggaran kesehatan dan fasilitas kesehatan publik, terutama pada saat wabah COVID-19 ini," tambahnya.

Mengacu kepada kondisi itulah, pemerintah perlu segera menyediakan layanan kesehatan yang lebih memadai di berbagai daerah tersebut, termasuk di Jawa Barat, Banten, dan Lampung. Dengan begitu, pasien terinfeksi corona dapat ditangani secara maksimal dan jumlah korban tidak semakin bertambah.

Ada jutaan anak yang terkendala belajar online karena keterbatasan akses internet. Ada banyak tenaga medis yang tidak dibekali APD lengkap. Mari kita sama-sama sukseskan kampanye #AmanDiRumah untuk mencegah penyebaran Covid-19. (*)

 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 30 Maret 2020 - 21:17:51 WIB

    Sah! Olimpiade Tokyo 2020 Bakal Digelar 23 Juli 2021

    Sah! Olimpiade Tokyo 2020 Bakal Digelar 23 Juli 2021 OLAHRAGA, HARIANHALUAN.COM -- Olimpiade Tokyo bakal berlangsung pada 23 Juli hingga 8 Agustus 2021, sementara penyelenggaraan Paralimpiade akan berlangsung pada 24 Agustus hingga 5 September 2021..
  • Jumat, 27 Maret 2020 - 13:44:32 WIB

    Ayo Buruan! Samsung Adakan Flash Sale Galaxy M31, Hanya Rp3 Jutaan

    Ayo Buruan! Samsung Adakan Flash Sale Galaxy M31, Hanya Rp3 Jutaan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Samsung kembali merilis ponsel seri M terbaru miliknya yaitu Samsung Galaxy M31. Tidak hanya itu, ada promo menarik dari Samsung untuk penjualan Samsung Galaxy M31! Promo menariknya apa tuh?.
  • Kamis, 19 Maret 2020 - 12:00:47 WIB

    Inilah Data 3 Pasien Suspect Corona yang Diisolasi di RSUD Brebes

    Inilah Data 3 Pasien Suspect Corona yang Diisolasi di RSUD Brebes JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Tiga orang  pasien suspect Virus Corona atau COVID-19 di Kabutaen Brebes kini disolasi. Tiga pasien tersebut berasal dari tiga kecamatan berbeda..
  • Sabtu, 14 Maret 2020 - 15:00:49 WIB

    Gara-gara Corona, Lagu 33 Tahun Lalu Jadi Trending Lagi

    Gara-gara Corona, Lagu 33 Tahun Lalu Jadi Trending Lagi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Wabah virus Corona memberikan dampak di berbagai elemen kehidupan masyarakat di seluruh dunia, termasuk industri musik..
  • Kamis, 27 Februari 2020 - 06:59:49 WIB

    3 Manfaat Minum Kopi Hitam di Pagi Hari

    3 Manfaat Minum Kopi Hitam di Pagi Hari JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Meminum secangkir kopi hitam di pagi hari sebagai teman sarapan sudah menjadi kebiasaan bagi kebanyakan orang. Selain itu mengonsumsi kopi hitam di pagi hari ternyata juga memiliki beberapa manfaat.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]