Pademi Corona, Wagub Sumbar Ingatkan Masyarakat Jaga Jarak di Kedai


Sabtu, 04 April 2020 - 18:39:43 WIB
Pademi Corona, Wagub Sumbar Ingatkan Masyarakat Jaga Jarak di Kedai Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit sambil membagikan masker dan hand sanitizer ke warga.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit kembali menegaskan kepada seluruh lapisan masyarakat di Ranah Minang, untuk tidak main-main dengan Coronavirus Disiase (COVID-19). Penyebaran virus mematikan tersebut tidak dapat dicegah apabila tidak ada kerjasama yang solid antara pemerintah dengan masyarakat. Apapun bentuk langkah antisipasi yang dilakukan pemerintah jika tidak diikuti oleh masyarakat, maka semua itu akan sia-sia.

“Saya hari ini meninjau kawasan perbatasan antara Sumbar dengan Bengkulu, Sumbar dengan Kerinci di pintu masuk Kabupaten Pesisir Selatan. Saya lihat masih banyak masyarakat yang berkumpul di warung-warung kopi, main domino dan sebagainya. Ini yang saya maksud. Masyarakat harus ikuti instruksi pemerintah, jangan berkumpul dulu. Jaga jarak. Jangan main-main dengan Corona ini. Karena, satu saja kena maka bisa saja satu kampung terjangkit,” kata Nasrul Abit, Sabtu (4/4/2020).

Nasrul Abit menyempatkan singgah ke kampungnya dan melihat kondisi orang tua (amak) di kampung halaman. “Amak sedang sakit, jadi saya melihat beliau sekalian mencek perbatasan dan kondisi kampung,” sebutnya

Khusus untuk Kecamatan Linggo Sari Baganti, menurut Nasrul, diprediksi akan banyak perantau yang akan pulang kampung dari Jakarta. Terutama disaat liburan Hari Raya Idul Fitri pada Mei mendatang. Perantau dari kampungnya umunnya punya usaha konveksi di rantau.

Nasrul langsung mendatangi warga di pusat pusat keramaian dan meminta sangat kepada masyarakat untuk dapat mengawasi seluruh saudara yang nantinya pulang ke kampung halaman. Tetap awasi dan anjurkan untuk mengisolasi diri selama 14 hari.

“Jika nanti banyak yang pulang ke kampung. Suruh isolasi diri 14 hari lamanya. Ini demi untuk kebaikan kita semua. Apalagi mereka datang dari Jakarta. Jakarta saat ini, salah satu wilayah yang sebaran COVID-19 nya cukup banyak. Mari sama-sama kita jaga kesehatan. Jaga jarak dan tetap terapkan pola hidup sehat. Jangan salaman dulu, beri pengertian kepada mereka nantinya,” ujar Nasrul Abit sambil membagikan masker dan hand sanitizer ke warga.

Untuk isolasi mandiri, Nasrul Abit mencontohkan keluarga besarnya. Diakui mantan Bupati Pesisir Selatan dua periode itu, saat ini ada anggota keluarganya yang baru saja datang dari Jakarta. Sejak kedatangan kemarin, mereka langsung diisolasi mandiri didalam rumah. Tidak melakukan kontak dengan anggota keluarga lain atau masyarakat sekitar. Ini dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

“Kakak saya pun saya minta isolasi diri. Begitulah kita menjaga agar tidak terjangkit. Saya mau memberi contoh ke Masyarakat. Virus ini tidak mengenal profesi. Siapapun dia, harus patuh terhadap imbauan dari pemerintah agar kita semua tidak terjangkit,” tambahnya

Nasrul juga berpesan, bagi yang terpaksa keluar rumah untuk mencukupi kebutuhan keluarga, agar tetap menerapkan prosedur kebersihan diri ketika pulang dan menjaga jarak fisik selama beraktifitas. “Pakai masker selama di luar rumah,” tegasnya. (*)

 Sumber : Relis /  Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]