Ini Dia 19 Negara yang Diklaim Masih Bebas dari Virus Corona


Ahad, 05 April 2020 - 08:19:37 WIB
Ini Dia 19 Negara yang Diklaim Masih Bebas dari Virus Corona ilustrasi corona

INTERNASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- Pandemi virus corona kini sudah menyebar di seluruh dunia. Saat ini semua mata tertuju pada negara-negara yang paling parah terkena dampaknya, seperti Italia, Spanyol, Iran, Inggris dan Amerika Serikat. Namun dari seluruh negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), disebut ada 19 negara di dunia yang masih bebas kasus paparan virus corona, seperti data yang dilansir Universitas Johns Hopkins.    

“Sepertinya itu adalah Pasifik Selatan, pulau-pulau yang sangat terpencil,” kata Andy Tatem, seorang profesor demografi spasial dan epidemiologi di University of Southampton seperti dilansir doncasterfreepress.co.uk, Sabtu (5/4/2020) malam.

Baca Juga : Mengupas Pasukan Pembungkam Aktivis di Saudi, Pembunuh Jamal Khashoggi

Tapi banyak pihak yang menyangsikannya. Boleh jadi di negara-negara tersebut ada beberapa kemungkinan memiliki kasus namun belum dilaporkan. Sebut saja, Korea Utara yang sangat tertutup. Begitu juga dengan Yaman yang sedang dilanda perang. Sebagian besar negara-negara yang dikatakan bebas corona tersebut adalah pulau-pulau kecil dengan sedikit pengunjung. 

Faktanya dari 10 wilayah itu, tujuh di antaranya paling jarang dikunjungi di dunia. Sangat mungkin wilayah itu bebas virus corona. Sebagian besar daerah yang dikatakan tidak terkena dampak corona itu juga merupakan pulau-pulau tanpa perbatasan darat. Tetapi dalam ekonomi global seperti sekarang, mungkinkah ada tempat yang akan lolos dari cengkraman virus menular seperti corona? (*)

Baca Juga : 10 Juta Orang Menjomblo di Rusia, Pemerintah Wajibkan Pria Miliki Dua Istri atau Lebih

Berikut 19 negara (wilayah) yang dikatakan bebas corona:

  1. Komoro
  2. Kiribati
  3. Lesoto
  4. Malawi
  5. Pulau Marshall
  6. Mikronesia
  7. Nauru
  8. Korea Utara
  9. Palau
  10. Samoa
  11. Sao Tome dan Principe
  12. Pulau Solomon
  13. Sudan Selatan
  14. Tajikistan
  15. Tonga
  16. Turkmenistan
  17. Tuvalu
  18. Vanuatu
  19. Yaman

Editor : Agoes Embun | Sumber : Haluan Media Group
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]