Sudah P21, Kasus Prostitusi Ibu dan Anak di Padang Menunggu Sidang


Ahad, 05 April 2020 - 12:15:04 WIB
Sudah P21, Kasus Prostitusi Ibu dan Anak di Padang Menunggu Sidang Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Satake Bayu. (Agoes Embun)

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Masih ingatkah dengan kasus prostitusi yang berkedok tempat jualan lontong yang dilakukan oleh ibu dan anak di kawasan Lubuk Buaya, Kecamatan Kota Tangah, Padang? Saat ini, kasus tersebut sudah memasuki tahap akhir atau P21 dan berkasnya pun sudah dilimpahkan ke kejaksaan untuk disidang. 

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Stefanus Satake Bayu Septianto saat jumpa pers online IJTI Sumbar, Sabtu kemarin mengatakan, berkas kasus dari dua tersangka yang merupakan ibu dan anak ini sudah ditangan jaksa. Kemungkinan, dalam minggu ini rencananya sidang perdana kasus prostitusi itu akan digelar meski corona tengah mewabah. 

"Kasus itu sudah P21. Kita sudah serahkan berkasnya ke jaksa. Kedua tersangka ini akan menjalani sidang pertama mereka. Meski di tengah wabah corona, sidang tetap direncanakan digelar dalam waktu dekat, kemungkinan dalam minggu ini," jelas Satake.  

Sebelumnya, praktik prostitusi terungkap pada (10/1/2020) lalu. Kasus itu adalah dugaan prostitusi berkedok kos-kosan di Jalan Adinegoro, Kelurahan Lubuk Buaya, Kecamatan Koto Tangah, yang dijalankan oleh ibu H (54) dan anaknya D (30). Kasus mencuat ke permukaan dan menarik perhatian publik setelah petugas Polda Sumbar melakukan penggerebekan. 

Saat penggerebekan petugas mendapati lima orang di dalam rumah tersebut termasuk kedua tersangka. Sedangkan, tiga wanita lain yang salah satunya anak di bawah umur ditetapkan sebagai korban kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Kedua tersangka berbagi peran dalam menjalankan aksi, yaitu H mengendalikan operasional bisnis prostitusi dan menerima semua uang hasil tersebut. Sementara, D mencarikan wanita.

Keduanya telah ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat Undang-undang Perlindungan Anak. Diantaranya, pasal 76, pasal 88 undang-undang nomor 35 tahun 2014, pasal 2 dan pasal 17 undang-undang nomor 21 tahun 2007 tentang tindak pidana perdagangan orang. (*)

 Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]