Gandeng Dekranasda, Satgas Pramuka Peduli Sawahlunto Salurkan Topi dan Baju Pelindung ke Tenaga Medis


Ahad, 05 April 2020 - 14:10:51 WIB
Gandeng Dekranasda, Satgas Pramuka Peduli Sawahlunto Salurkan Topi dan Baju Pelindung ke Tenaga Medis Satgas Pramuka Peduli Kwarcab Sawahlunto tengah proses pembuatan topi dan baju pelindung untuk selanjutnya disalurkan kepada petugas medis dalam penanganan pandemi coronavirus di Kantor Kwarcab setempat. Ist

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Satuan Tugas (Satgas) Pramuka Peduli Kwartir Cabang Pramuka Kota Sawahlunto ikut berkontribusi dalam melawan penyebaran pandemi wabah Coronavirus atau Covid-19 dikota ini.

Satgas pramuka peduli membiat alat pelindung diri (APD) berupa faceshield dan mantel pelindung yang disumbang kepada petugas medis dan Satgas Gugus Tugas Covid.

"Saat ini sudah 400 pcs faceshield yang telah disalurkan kepada RSUD Sawahlunto, Puskesmas Sungai Durian, Puskesmas Talawi, Puskesmas Silungkang dan Puskesmas Kolok," kata Wakil Sekretaris Kwarcab Pramuka Sawahlunto, Rahmat Zoraldi yang juga sebagai inisitor aksi pembuatan APD, Minggu (5/4/2020).

Untuk bahan pembuatan APD tersebut kata Raldi biasa dia disapa, merupakan kejasama dengan Dewan kerajinan nasional daerah (Dekranasda) kota Sawahlunto.

"Dekranasda menyediakan bahan baku, sedangkan anggota Satgas pramuka peduli menangani proses pembuatannya," katanya.

Raldi menambahkan, untuk pembuatan mantel dan juga topi pelindung mereka belajar tutorial dari media sosial atau google dan sebelumnya juga berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak kesehatan, sehingga layak untuk digunakan.

"Selain APD itu, bersama Dekranasda kami juga memproduksi cairan didinfektan dan hand sanitizer yang telah disumbangkan ke gudang farmasi setempat.Kami juga berencana buat masker jika ada permintaan ," ujarnya.

Sementara itu dilain tempat, anggota Satgas pramuka peduli lainnya juga ikut andil dengan melakukan penyemprotan diberbagai fasilitas umum seperti pasar, tempat ibadah dan kantor pelayanan publik lainnya.

Aksi ini sebut koordintair aksi Adrian, adalah bentuk pengabdian dan kepedulian anggota pramuka dalam try satria dan dharma Pramuka yang dalam hal ini ikut andil dalam pencegahan penyebaran Cirona virus.

"Untuk penyemprotan disinfektan dilakukan terbagi dalam dua regu, dan berkelanjutan sesuai dengan arahan nantinya," sebut Adrian. (*)

Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Milna

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]