Masyarakat Kian Merugi Akibat Pandemi, Mulyadi Imbau Pemerintah Cepat Tanggap


Ahad, 05 April 2020 - 19:49:29 WIB
Masyarakat Kian Merugi Akibat Pandemi, Mulyadi Imbau Pemerintah Cepat Tanggap Mulyadi

PADANG, HARIANHAALUAN.COM - Anggota DPR RI Dapil Sumatra Barat (Sumbar) II, Mulyadi mengimbau pemerintah daerah dan pusat cepat tanggap dalam menangani pandemi virus covid-19 di masyarakat. Pasalnya, pandemi ini tidak hanya terus memakan korban jiwa namun juga terus menggerogoti perekonomian masyarakat.

Khususnya para pegiat usaha kecil seperti pedagang, baik yang secara tradisional atau keliling. Bahkan, pemiliki cafe pun juga merasakan penurunan omzet imbas dari pandemk virus covid-19.

Baca Juga : Wabup Pessel Resmikan Masjid Ar-Rahman Rawa Bubur Tapan

"Wabah virus covid-19 yang selain memakan korban jiwa manusia, juga telah memporakporandakan perekomian, yang dampaknya dapat menyengsarakan masyarakat banyak," tutur Mulyadi.

"Pemerintah harus bisa membantu masyaraakt kita yang terdampak perekonomiannya, karena memang itulah tugas dan kewajiban dari pemerintah," imbuhnya.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Virus Corona di Sumbar: Positif 169, Sembuh 162, dan Meninggal Dunia 4 Orang

Calon Gubernur (Cagub) Sumbar Mulyadi mengatakan pemerintah harus bisa mengayomi masyarakat di saat pandemi seperti saat ini. Tak hanya melindungi keselamatan namun juga menjaga keberlangsungan masyarakat yang tergantung pada pemasukan per hari.

Ia menjelaskan pedagang pasar tradisional sangat bergantung pada ramai atau tidaknya kunjungan masyarakat namun karena virus covid-19 memaksa mereka bertaruh nyawa untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga : Safari Ramadan, Gubernur: Yang Menguatkan Iman dan Adab adalah Alquran

Selain itu pembatasan jam malam juga sangat berdampak pada pemilik usaha yang hanya buka pada malam hari. Oleh karena itu pemerintah dituntut bijak dalam mengeluarkan kebijakan.

"Pemerintah harus bisa merencanakan suatu kebijakan dengan matang. Pemerintah harus mencarikan solusi terkait permasalahan ini," ujarnya.

Baca Juga : Bantu Korban Bencana di Sulbar, Pemprov Sumbar Kembali Gelontorkan Dana Rp241 Juta

Berangkat dari hal tersebut, Anggota Komisi III DPR RI Mulyadi menyarankan agar pemerintah segera menyalurkan berbagai bantuan agar kebijakan yang diterapkan dapat menunjang kehidupan masyarakat. Seperti halnya sembako atau bantuan langsung tunai.

Mulyadi sendiri mengaku tengah mengupayakan berbagai bantuan untuk masyarakat dalam menghadapi pandemi virus covid-19. Pihaknya tengah menyiapkan sembako, masker, hand sanitizer dan Alat Pelindung Diri (APD) untuk para tenaga medis.

Jumlahnya pun fantastis. Mulyadi mengatakan terdapat puluhan ribu yang terdiri dari masker dan hand sanitizer. Untuk APD medis sekira 1000 unit. Bantuan ini ia peroleh dengan menggunakan dana pribadi yang setara dua tahun gaji anggota wakil rakyat di Senyan.

"Saya menyumbangkan 2 tahun gaji saya untuk membeli 1000 APD dan puluhan ribu masker dan hand sanitizer botol 100 ml," kata Mulyadi.

“Kita sangat prihatin atas kejadian ini. Ini adalah ujian berat. Mari kita bersama-sama membantu dan mencarikan solusi terbaik untuk masyarakat kita,” pungkasnya.(*)
 

Editor : NOVA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]