220 KK di Koto Rawang Masih Belum Punya Jamban Keluarga


Ahad, 05 April 2020 - 21:18:25 WIB
220 KK di Koto Rawang Masih Belum Punya Jamban Keluarga Ilustrasi

PAINAN, HARIANHALUAN.COM -  Setidaknya sekitar 220 kepala keluarga masyarakat di Nagari Koto Rawang Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan belum memiliki jamban keluarga (WC).

"Sebagian perilaku  masyarakat masih memanfaatkan sungai untuk Buang Air Besar (BAB)," kata wali nagari setempat Darijol, Sabtu (4/4).

Baca Juga : Pasca Oknum Pegawai Lapas Terlibat Narkoba, Kalapas Bukittinggi Gelar Razia dan Bentuk Tim Khusus

Sebelumnya, ujar Darijol lagi, masyarakat yang belum memiliki jamban keluarga (WC) sebanyak 260 kepala keluarga. Pada 2019, pemerintahan nagari mengangarkan pembangunan jamban keluarga sebanyak 20 kepala keluarga (KK), kemudian pada tahun 2020 dibangun sebanyak 19 jamban melalui dana desa, sesuai dengan keuangan nagari.

Menurutnya, pemerintahan nagari akan terus menganggarkan dana untuk membangun jamban keluarga yang memadai. Pemerintahan nagari, katanya, juga telah mengajukan usulan dan proposal ke Dinas Perkimtan Pesisir Selatan agar masyarakat Nagari Koto Rawang  bisa memiliki jamban keluarga yang memadai, sesuai dengan standar kesehatan dalam mewujudkan masyarakat hidup sehat  dan bebas dari ancaman penyakit.

Baca Juga : Aksi Pencurian Kotak Amal di Dharmasraya Ini Terekam CCTV

Selama ini minat masyarakat kurang untuk memiliki jamban keluarga (WC). Hal tersebut tidak terlepas dari perilaku masyarakat  dan rendahnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat. Sebagian masyarakat memilih Buang Air Besar (BAB) di sungai  dan pada tali bandar, tanpa peduli terhadap dampak yang terjadi di lingkungannya. (*)

Reporter : M Joni | Editor : NOVA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]