Masker Kain Jangan Dipakai Lebih dari 4 Jam, Ini Penjelasannya


Ahad, 05 April 2020 - 22:44:35 WIB
Masker Kain Jangan Dipakai Lebih dari 4 Jam, Ini Penjelasannya Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Juru Bicara Pemerintah Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto mengimbau masyarakat untuk mengenakan masker bedah, demi mencegah penularan virus corona. Hal ini sesuai dengan rekomendasi terbaru dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Mulai hari ini, sesuai dengan rekomendasi dari WHO.. Semua harus menggunakan masker bedah atau masker kain. Dan ingat, masker N95 hanya untuk petugas kesehatan," ujarnya dalam konferensi pers di BNPB, Minggu (5/4/2020).

Penggunaan masker, kata Yuri tidak terlepas dari temuan kasus-kasus positif corona tanpa gejala atau asymptomatic. Alhasil, masker menjadi salah satu alat pelindung diri (APD) yang wajib dikenakan oleh semua orang.

Tak hanya pada orang sakit. Bagi mereka yang terpaksa harus beraktivitas di luar rumah, juga diminta untuk menggunakan masker.

Terkait hal ini, Yuri menyarankan penggunaan masker kain yang dapat digunakan berulang kali. Namun, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan.

"Masker kain itu bisa dicuci, tapi penggunaannya tidak lebih dari 4 jam. Kalau mau dicuci harus merendam di dalam air sabun, supaya virus-virus atau bakteri yang menempel mati," tegasnya.

Sementara itu, data terakhir yang dikeluarkan BNPB per hari ini (5/4) pukul 12.00 WIB, total kasus positif COVID-19 menyentuh angka 2.273 kasus, dengan 164 orang dinyatakan sembuh, dan 198 orang dilaporkan meninggal dunia.(*)

 Sumber : okezone /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 31 Mei 2020 - 12:57:30 WIB

    Mau Olahraga Pakai Masker? Baca Info Ini Dulu

    Mau Olahraga Pakai Masker? Baca Info Ini Dulu HARIANHALUAN.COM - Ketika anjuran untuk tetap di rumah dan PSBB dilonggarkan banyak yang mulai beraktivitas di luar. Meski demikian semua orang tetap diimbau untuk mengenakan masker atau penutup wajah saat di luar rumah sebag.
  • Rabu, 27 Mei 2020 - 08:17:34 WIB

    Perhatikan! Begini Cara Mencuci Masker Kain yang Benar

    Perhatikan! Begini Cara Mencuci Masker Kain yang Benar HARIANHALUAN.COM -- Memasuki era 'new normal', masker kain kini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari dalam beraktivitas di luar rumah. Berbeda dengan jenis lainnya yang hanya sekali pakai, masker kain justru bisa dipakai secar.
  • Ahad, 24 Mei 2020 - 17:06:21 WIB

    Lebaran Saat Pandemi Corona, Perlukah Tetap Bermasker di Rumah?

    Lebaran Saat Pandemi Corona, Perlukah Tetap Bermasker di Rumah? HARIANHALUAN.COM -- Silaturahmi dari rumah ke rumah saat Hari Raya Idul Fitri sudah menjadi tradisi bagi banyak orang. Namun nampaknya tradisi tersebut akan sedikit berbeda pada tahun ini karena adanya pandemi corona Covid-19.
  • Jumat, 22 Mei 2020 - 16:56:54 WIB

    Ingat! Jangan Pernah Pakai Masker saat Olahraga, Bisa Bikin Paru-paru Hancur

    Ingat! Jangan Pernah Pakai Masker saat Olahraga, Bisa Bikin Paru-paru Hancur HARIANHALUAN.COM -- Lonjakan cepat jumlah kasus positif virus corona atau COVID-19 di seluruh dunia membuat kita semakin sadar untuk menjaga kesehatan. Orang-orang di seluruh dunia mengambil tindakan pencegahan yang diperlu.
  • Rabu, 06 Mei 2020 - 10:27:29 WIB

    Corona, Produsen Masker Meningkat 200 Persen

    Corona, Produsen Masker Meningkat 200 Persen Hanya sebagian pedagang yang masih bertahan berjualan masker medis. Di saat harga masker medis masih tinggi, namun permintaan menurun sehingga banyak pedagang yang tak sanggup menjualnya..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]