Hore! OJK Bolehkan Debitur Terdampak Corona Tunda Cicilan KPR


Senin, 06 April 2020 - 01:06:27 WIB
Hore! OJK Bolehkan Debitur Terdampak Corona Tunda Cicilan KPR OJK Press Video Conference - Perkembangan Industri Jasa Keuangan dan Kebijakannya (Youtube OJK)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan keringanan bagi debitur yang ekonominya terdampak pandemi Corona dengan menunda kewajiban membayar Kredit Pemilikan Rumah (KPR).  

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menyampaikan, pandemi COVID-19 telah menyebabkan aktivitas perekonomian maupun keuangan terganggu. Karena itu, OJK memberikan kelonggaran berupa stimulus agar pengaruh pandemi tidak memukul perekonomian domestik.  

Menurut Wimboh, debitur KPR dapat memperoleh keringanan penangguhan pembayaran kredit baik dengan syarat tempat bekerja maupun kegiatan usaha debitur tersebut terdampak pandemi Corona. 

Hal ini juga sejalan dengan kebijakan kontrasiklus OJK melalui Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 11/POJK.03/2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional Sebagai Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

"Kalau ini dia (debitur) terimbas dari COVID-19 baik langsung tidak langsung mestinya masuk," kata Wimboh di Jakarta, Minggu (5/4/2020) dalam paparan siaran langsung. 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Heru Kristiyana menyampaikan secara umum saat ini kondisi industri perbankan baik dari likuiditas maupun permodalan mash dalam kategori baik. Sedangkan rasio kredit bermasalah masih di angka 2,79% dan net 1%. 

"Itu mengindikasikan bahwa risiko NPL masih bagus pada posisi sekarang. kita mencermati day to day, jadi kita ikuti perkembangannya dari waktu ke waktu dan kita antisipasi bahwa stimulus ini membantu bank dan sektor rill supaya tidak terlalu dalam terdampak COVID-19," terangnya. 

Pada saat yang bersamaan, OJK juga melakukan komunikasi dengan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) maupun Perbanas untuk bersama-sama mengimplementasikan POJK tersebut. 

"Kita minta [Himbara, Perbanas] proaktif mendata nasabah yang mulai berdampak jangan menunggu. Sebagian besar sudah mengimplementasikan itu," jelas Heru. (*)

 Sumber : CNBC /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 04 Mei 2020 - 21:31:54 WIB

    Hore! Ada Diskon BBM 30% dari Pertamina

    Hore! Ada Diskon BBM 30% dari Pertamina JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - PT Pertamina (Persero) memberikan diskon berupa cashback 30% atau maksimal Rp 20.000 selama Ramadhan. Cashback ini berlaku untuk pembelian BBM Pertamax Series (Pertamax dan Pertamax Turbi) dan Dex .
  • Sabtu, 02 Mei 2020 - 15:54:22 WIB

    Hore! Karyawan Gaji di Bawah Rp16 Juta Bebas Pajak Penghasilan

    Hore! Karyawan Gaji di Bawah Rp16 Juta Bebas Pajak Penghasilan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah telah mengeluarkan aturan resmi mengenai insentif pajak bagi dunia usaha. Ada lebih dari 18 sektor dan 1.062 klasifikasi lapangan usaha yang mendapatkan keringanan pajak..
  • Kamis, 30 April 2020 - 21:20:59 WIB

    Hore! Bunga Kartu Kredit Turun Besok

    Hore! Bunga Kartu Kredit Turun Besok JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Bank Indonesia (BI) memangkas bunga kartu kredit dari maksimum 2,25% per bulan menjadi maksimum 2% per bulan. Berdasarkan keterangan resmi BI, kebijakan berlaku efektif 1 Mei 2020..
  • Ahad, 26 April 2020 - 23:03:05 WIB

    Hore! Perusahaan Otobus akan Dapat Bantuan, Ini Bocoran Skemanya

    Hore! Perusahaan Otobus akan Dapat Bantuan, Ini Bocoran Skemanya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah sedang menyiapkan skema bantuan untuk para pelaku usaha di sektor transportasi, seperti Perusahaan Otobus (PO). Seperti diketahui, sektor usaha ini terdampak cukup parah akibat pandemi v.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]