PM Inggris Akhirnya Dibawa ke Rumah Sakit Setelah 10 Hari Terinfeksi Virus Corona


Senin, 06 April 2020 - 08:35:44 WIB
PM Inggris Akhirnya Dibawa ke Rumah Sakit Setelah 10 Hari Terinfeksi Virus Corona Boris Johnson (dok. BBC)

LONDON, HARIANHALUAN.COM - Perdana Menteri (PM) Inggris, Boris Johnson, dibawa ke rumah sakit pada Minggu (5/4) waktu setempat, atau 10 hari setelah dia dinyatakan positif virus Corona (COVID-19). PM Johnson dibawa ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan lanjutan sebagai langkah pencegahan.

Seperti dilansir AFP, Senin (6/4/2020), PM Johnson (55) mengumumkan dirinya mengalami gejala-gejala ringan virus Corona pada 27 Maret lalu dan telah menjalani isolasi mandiri (self-isolation) di kediamannya di Downing Street selama tujuh hari.

Baca Juga : Digelar dengan Kondisi Khusus, Tahun Ini Arab Saudi Tetap Gelar Ibadah Haji

Dia dijadwalkan untuk kembali bekerja seperti biasa pada Jumat (3/4) lalu setelah sepekan pemulihan dan bekerja dari rumah. Namun akhirnya menyatakan akan tetap berada di rumah karena masih memiliki suhu tubuh tinggi -- salah satu gejala virus Corona.

Dalam pernyataan terbaru pada Minggu (5/4) waktu setempat, Kantor PM Inggris atau yang juga disebut Downing Street mengumumkan bahwa PM Johnson dibawa ke rumah sakit setempat.

Baca Juga : Lonjakan Covid-19 di India Makin Mengkhawatirkan, WHO Sebut Disebabkan Varian yang Lebih Menular

"Atas saran dokter, Perdana Menteri malam ini mulai dirawat di rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan," demikian pernyataan Downing Street.

"Ini merupakan langkah pencegahan, karena Perdana Menteri terus mengalami gejala-gejala virus Corona sekitar 10 hari setelah dinyatakan positif virus ini," imbuh pernyataan itu.

Dipahami bahwa PM Johnson dirawat di rumah sakit bukanlah urusan darurat dan dianggap sebagai langkah yang masuk akal karena gejala yang dialami berkelanjutan.

Pada Kamis (2/4) lalu, PM Johnson ikut bergabung dalam momen apresiasi bagi para pekerja medis yang memerangi virus Corona. Dalam pesan via video, PM Johnson menyatakan: "Untuk kasus saya sendiri, meskipun saya merasa lebih baik dan saya telah menjalani isolasi selama tujuh hari, sayangnya, saya masih mengalami satu gejala ringan, suhu tubuh (tinggi)."

"Jadi, sesuai dengan saran pemerintah, saya harus melanjutkan isolasi mandiri hingga gejala itu hilang," cetusnya.

PM Johnson menjadi tokoh paling terkemuka di dunia yang terinfeksi virus Corona. Kekasihnya yang hamil, Carrie Symonds, juga sempat mengalami gejala virus Corona selama sepekan namun kini dalam pemulihan.

Menteri Kesehatan Inggris, Matt Hancock, yang sempat terinfeksi virus Corona telah kembali bekerja usai sepekan menjalani karantina di rumah. Pemimpin otoritas medis Inggris, Chris Whitty, juga sempat menunjukkan gejala-gejala virus Corona. Sedangkan penasihat PM Johnson, Dominic Cummings, sempat mengisolasi diri. (*)

 

Editor : Heldi | Sumber : detik.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]