Bengkulu Selatan Diguncang Gempa Magnitudo 4,7, Tak Berpotensi Tsunami


Senin, 06 April 2020 - 10:26:17 WIB
Bengkulu Selatan Diguncang Gempa Magnitudo 4,7, Tak Berpotensi Tsunami Ilustrasi

BENGKULU SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera diguncang gempa tektonik yang memiliki parameter awal  Magnitudo 5,0 yang kemudian dimutakhirkan menjadi Magnitudo 4,7 pada pukul 05.42 WIB, Senin, 6 April 2020. 

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5.26 Lintang Selatan dan 102.4 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 106 km arah Barat Daya Kota Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu pada kedalaman 49 km. 

Baca Juga : Kasus Persetubuhan Anak Marak di Kota Duri

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng IndoAustralia dan Eurasia. 

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," kata Rahmat Triyono di Jakarta. 

Baca Juga : Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Tegur Sopir BST, Ini Sebabnya

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Liwa, II-III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu), Kota Manna, II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). 

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," katanya. 

Baca Juga : Eksepsi Kuasa Hukum Ditolak, Sidang Kasus Bom Molotov Dilanjutkan

Kepada masyarakat, diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, atau pun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” ujar dia. (*)

Baca Juga : Tabrakan Maut Pick-Up Vs Suptra X, Heri Kuswanto Tewas di TKP

Editor : Heldi | Sumber : vivanews.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]