Enam Orang PDP Terdata di Pasaman Barat, 117 Orang Lainnya ODP


Senin, 06 April 2020 - 12:19:07 WIB
Enam Orang PDP Terdata di Pasaman Barat, 117 Orang Lainnya ODP ilustrasi corona

PASAMAN BARAT, HARIANHALUAN.COM -- Jumlah pasien PDP di Pasaman Barat mengalami peningkatan. Hingga Senin (6/4/2020) pukul 09.00 WIB, terdapat 6 orang pasien PDP yang dirawat di dua Rumah Sakit yaitu, di Rumah Sakit Umum (RSUD) Jambak dan RS. Yarsi Simpang Empat dengan kondisi yang masih belum menghkawatirkan.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dari tim teknis Dinkes, Dr. Gina Alecia kepada wartawan mengatakan, pasien PDP di Pasbar hingga hari ini mengalami peningkatan dari sebelumnya yang berjumlah 5 orang menjadi 6 orang, sementara untuk ODP berjumlah  117 orang. Dijelaskannya, kondisi kesehatan 5 orang dari 6 orang yang berstatus PDP itu sudah mulai membaik.

Baca Juga : Wali Nagari di Pesisir Selatan Diminta Kebut Laporan Penggunaan APB Nagari Triwulan I

"Satu diantaranya hingga kini masih dalam penanganan pihak kesehatan. Sedangkan, untuk 117 ODP saat ini masih dalam karantina mandiri dirumah masing-masing dengan kondisi masih dalam keadaan sehat," ujar Dr. Gina.

Ditambahkannya, sesuai dengan aturan, petugas Puskesmas akan melakukan pemantauan secara intensif terhadap ODP yang ada di wilayah kerja masing-masing dan melaporkan hasilnya ke gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 untuk mengetahui perkembangannya. Dia juga mengimbau kepada masyarakat yang baru datang dari luar daerah atau luar negeri agar segera melaporkan diri ke posko kesehatan.

Baca Juga : DPMDP2KB Kabupaten Pessel Minta Wali Nagari Proaktif Tingkatkan BUMNag

"Bagi yang baru datang dari luar daerah dan luar negeri agar segera melapor ke posko kesehatan dan menjauhi keramaian, mencuci tangan dengan bersih, memakai masker, banyak makan buah, olahraga dan menjaga kebersihan lingkungan. Serta melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing," tutupnya. (*)

Reporter : Fadli | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]