Antisipasi Corona, Komunitas Wartawan di Sijunjung Bagi-bagi Masker


Senin, 06 April 2020 - 12:30:59 WIB
Antisipasi Corona, Komunitas Wartawan di Sijunjung Bagi-bagi Masker Jurnalis Sijunjung saat membagikan masker kepada warga yang melintas di kawasan simpang Tugu Muaro Sijunjung, Senin (6/4/2020).

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM -- Sebagai bentuk kepedulian kesehatan masyarakat dalam pencegahan dan penyebaran serta antisipasi Virus Corona (Covid-19) serta bukti dukungan pada pemerintah, komunitas wartawan yang bertugas di Kabupaten Sijunjung bagi-bagi ratusan masker sekaligus sosialisasikan physical distancing (menghindari kerumunan orang dan jaga jarak), Senin (6/4/2020) di depan Kantor BPBD Sijunjung.

"Tujuan kegiatan ini tak lain ingin berbagi kepada warga, karena saat ini masker sangat sulit untuk didapatkan. Maka dari itu, kami selaku jurnalis yang bertugas di Kabupaten Sijunjung menyisihkan dana sekemampuan kami untuk membeli masker,” kata Eky Prima Endo yang merupakan wartawan Harian Posmetro.

Baca Juga : Bunda PAUD Kota Pariaman Serahkan Bantuan untuk Dua Pendidik Korban Kebakaran

Dia juga mengatakan, selain pembagian masker, pihaknya juga ikut menyosialisasikan program pemerintah dalam hal melawan corona/covid-19 lewat gerakan physical distancing. Banyaknya warga yang belum mengerti apa itu physical distancing, menjadi tugas bagi para jurnalis untuk mensosialisasikan itu, terutama di wilayah Kabupaten Sijunjung.

"Nah, dalam pelaksanaannya, sengaja kita bersama kawan-kawan jurnalis lainnya membawa dan membagi-bagikan masker supaya warga bisa antisipasi penyebaran dan pencegahan virus Covid-19 ini,” jelasnya.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 158, Sembuh 153, dan Meninggal Dunia 5 Orang

Menyikapi kegiatan tersebut, Plt. Kepala BPBD Sijunjung, Hendri Chaniago  mengapresiasi sekali kegiatan rekan-rekan wartawan di Kabupaten Sijunjung yang sudah mensosialisasikan physical distancing dan membagikan masker tersebut. ”Selain menulis berita, kegiatan seperti ini tentunya bagian dari kerja jurnalis dalam mendukung program pemerintah dalam melawan Covid-19,” ungkapnya.

Hendri Chaniago manambahkan, pihaknya juga mengimbau pada rekan-rekan wartawan di Kabupaten Sijunjung agar selama liputan terkait wabah virus corona covid-19 untuk tetap menjaga diri dan kesehatannya serta  harus selalu mengunakn Alat Pelindung Diri (APD) yang lengkap dalam liputannya.

Baca Juga : ASN Sumbar Jangan Gegabah, Ada Sanksi bagi yang Nekat Mudik Lebaran

”Kalau memang masih bisa ditelpon untuk melakukan konfirmasi, lebih baik lewat telepon saja, jadi gak usah langsung datang ke lokasi apalagi orang yang sudah terpapar Covid-19 atau sudah Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Wartawan harus waspada, karena tidak ada berita seharga nyawa,” katanya.

Ikut hadir dalam kegiatan tersebut, Ogi Gunardi (Haluan Media Group), Hendri (minangkini.com), Diko (Sumatera pos.com), Defni kelana Putra  (Fajarsumbar.com) dan Hendra (dekadepos.com). (*)

Baca Juga : DPRD Harap Kedatangan Para Menteri Bawa Angin Segar untuk Pembangunan Sumbar

Reporter : Ogi | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]